Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Polsek Pangean Bakar Rakit Dompeng, Kapolsek: Kedepan Jangan Ada Lagi PETI

Selasa, 29 Mei 2018

Enam rakit dompeng dibakar. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

KUANSING-Polsek Pangean, Selasa (29/5/2018) membakar rakit dompeng yang biasa digunakan untuk aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di perbatasan Desa Sako dan Desa Jakur Patah, Kecamatan Sentajo Raya.

Dompeng tersebut diamankan dalam razia beberapa waktu lalu, pasca dugaan tercemarnya air Sungai Batang Kuantan oleh mercuri yang digunakan penambang. Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto dalam keterangan persnya menyebut, air Sungai Batang Kuantan di sepanjang Kecamatan Pangean diduga sudah terpapar mercury dan bisa membahayakan kesehatan masyarakat.

Seperti diketahui, pola pendekatan persuasif yang dilakukan Kapolsek Pangean Iptu Hendra Setiawan dengan melibatkan semua stakeholder dan Upika Pangean perlahan mampu menyadarkan para penambang untuk menghentikan aktivitas PETI.

"Anggota saya memang sudah membakar barang bukti rakit dompeng milik penambang. Sebab tindakan pelaku sudah mengakibatkan tercemarnya aliran sungai yang melewati Pangean. Ini berdasarkan laporan masyarakat yang sudah resah dengan aktivitas pelaku PETI," ujar Iptu Hendra Setiawan.

Ditambahkan, ada enam dompeng ditemukan di sepanjang aliran sungai bendungan Pulau Luas. Semua dibakar agar ke depan, rakit dompeng itu tidak bisa digunakan untuk operasional. 

Razia PETI saat itu dipimpin Kanit Reskrim Bripka Erwin, S.Kom didampingi Kanit Sabhara Aiptu Delta Harianto, Kanit Provos Bripka Syafriadi, KSPK II Bripka Jandri Aslim, Babhinkamtibmas Desa Teluk Pauh Brigadir Raja Gustian dan anggota Reskrim Briptu Ridwan Sinurat serta anggota Yanmas Briptu Alex Sandra. (*)
 
 

Penulis: Jhon Hendri
Editor: Boy Surya Hamta 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus