Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Praktikum ke Jakarta, 61 Mahasiswa SEP Perikanan Unri Kenakan Tanjak

Kamis, 03 Mei 2018

Para mahasiswa mengenakan tanjak di Bandara SSK II Pekanbaru. (Foto:Istimewa)

JAKARTA-Sebanyak 61 mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan (SEP) Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau, Rabu (2/5/2018) terbang ke Jakarta mengikuti praktikum lapangan selamat tiga hari di berbagai objek perikanan di Ibukota. 

Menariknya, semua mahasiswa mengenakan tanjak di kepala, sebagai bentuk kepedulian terhadap pengenalan budaya Melayu ke masyarakat.
 
Selama empat hari praktikum tersebut (2-5 Mei), para mahasiswa akan mengunjungi tiga tempat, yakni Pusat Penyuluhan Perikanan Online (Cyber Extension) di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muarabaru dan Balai Besar Riset Sosek Kelautan dan Perikanan di Ancol. 

Para mahasiswa didampingi empat dosen, masing-masing Ir Eni Yulinda MP, Ir Hamdi Hamid SU, Dr Ir Hendrik MS, dan Ir Ridar Hendri MSi. Di Jakarta rombongan dijadwalkan mengunjungi beberapa objek wisata menarik.

Pada beberapa tempat wisata, para mahasiswa akan mengenakan tanjak, yakni penutup kepala khas Melayu Riau yang kini sedang booming di masyarakat. Tanjak tersebut diberikan oleh Syamsuar, Bupati Siak nonaktif, yang kini ikut dalam Pilgubri. 

Sebagaimana diketahui, Siak adalah dearah yang paling semangat dan konsisten memasyaraktkan tanjak, sehingga dikenal Lukas di masyarakat Riau.

Anak-anak Muda millennial Riau, kini menggemari penutup kepala dari bahan songket Siak itu. Adalah Syamsuar, salah satu tokoh yang serius mengembangkan budaya dan industri pembuatan kerajinan tanjak oleh masyarakat. 

Saking naik daunnya tanjak ini, beberapa calon pasangan gubernur-wakil gubernur yang bertarung Pilgubri tahun ini, memajang foto sosialisasinya di baleho-baleho, dengan mengenakan tanjak. (rilis)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus