Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

PSBB Jilid III Pekanbaru Berakhir, Wako Firdaus MT Siapkan Perwako New Normal

Kamis, 28 Mei 2020

Walikota Pekanbaru DR Firdaus MT. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Walikota DR Firdaus MT tengah mempersiapkan Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru tentang penerapan new normal. Perwako tersebut nantinya menjadi satu regulasi dalam penerapan new normal.

Ini dilakukan menyusul berakhirnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid III tanggal 28 May 2020 ini. Saat ini, Walikota Firdaus masih menunggu petunjuk teknis penerapan new normal dari pemerintah pusat.

"Kita siapkan Perwako sebagai regulasi, agar tidak lepas kendali saat new normal," ujar Firdaus usai rapat tertutup, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, saat new normal masyarakat membiasakan hidup berdampingan dalam kondisi saat ini. Masyarakat diminta tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas

Firdaus menilai, penerapan new normal agar masyarakat tetap produktif dan aman dari penularan covid-19. Caranya dengan disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan dimana pun berada.

Keberadaan para personel TNI dan Polri dalam mengawal aktivitas masyarakat diharapkan bisa memandu masyarakat agar lebih disiplin. Mereka nantinya bisa lebih disiplin terapkan protokol kesehatan dalam tiap aktivitas.

Penerapan new normal di berbagai sektor nantinya sesuai petunjuk teknis dari kementrian terkait. Aktivitas belajar mengajar peserta didik di sekolah menanti Kemendikbud RI.

Kembalinya ASN berkerja dari rumah ke kantor juga menunggu arahan Menpan RB. Begitu juga aktivitas di rumah ibadah saat new normal mengacu pada keputusan Menteri Agama RI, sedangkan masjid nantinya ditambah fatwa dari MUI.

"Kita tunggu seperti apa teknis ibadah dalam kondiai new normal, agar masyarakat bisa kembali beribadah di rumah ibadah," ujarnya.

Firdaus mengajak masyarakat untuk siap menghadapi new normal. Caranya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan covid-19. Apalagi saat new normal nantinya masyarakat tetap bisa beraktivitas dengan mengikuti protokol kesehatan. Dia juga mendorong masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Penulis: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus