Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

PTSP Kabupaten Siak Terbaik di Indonesia, Bupati Syamsuar Terima Penghargaan dari BKPM

Kamis, 12 Juli 2018

Bupati Syamsuar menerima penghargaan dari BKPM. (Foto:Istimewa)

SIAK-Pemerintah Kabupaten Siak tahun ini kembali menoreh sejumlah prestasi berskala nasional. Di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Siak Syamsuar-Alfedri, Siak terus menunjukan prestasi dan kemajuan dalam pembangunan. 

Kamis (12/7/2018), Bupati Syamsuar untuk kedua kalinya menerima penghargaan di bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong di Auditorium BKPM gedung Suhartoyo Jakarta Selatan.

"Syukur alhamdulillah, DPMPTSP Siak telah bekerja baik. Saya mengucapkan terima kasih sebagai kepala daerah setelah dua kali berturut-mearih penghargaan nasional," ujar Syamsuar.

Penghargaan dua tahunan ini pertama kali diraih tahun 2016 dan tahun ini kembali meraih penghargaan serupa. Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah, khususnya DPMPTSP dan dinas terkait dengan DPMPTSP untuk terus mendukung penuh upaya yang dilakukan. Sehingga memperoleh prestasi yang terbaik tingkat nasional.

"Ke depan, kita harus mengusahakan iklim usaha yang kondusif sekaligus memotivasi investor untuk investasi di Siak. Karena bagaimanapun, kemajuan di daerah harus ditunjang dengan tumbuhnya investasi daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita. Sehingga menumbuhkan ekonomi di masyarakat Siak dan masyarakat Riau khususnya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMPTSP Siak Heriyanto mengaku telah melakukan berbagai inovasi, di antaranya perizinan online, tracking system, pengaduan online, sms gateway, Fraud Control Plan (FCP), Whistleblowing System, arsip digital, barcode System, aplikasi antrian tiket, perizinan simultan SIUP TDP dalam satu berkas terbit dua izin dan inovasi terbaru sertifikat elektronik. 

Kepala BKPM Thomas Lembong menyampaikan, pemenang penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu kategori provinsi terbaik tahun 2018 adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu pintu dari Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur serta yang ketiga Provinsi DKI Jakarta. Untuk kategori kota adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pekanbaru, Kota Surakarta dan Kota Semarang.

Sedangkan kategori kabupaten dimenangkan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Siak, Kabupaten Sragen serta Kabupaten Pinrang untuk penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu wilayah timur dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu kota Kupang Kota Ternate dan kabupaten Jayapura.

Kegiatan kualifikasi pemeringkatan PTSP dilakukan untuk memotret kondisi faktual PTSP daerah mengukur penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan penanaman modal daerah untuk meningkatkan mutu pelayanan publik melihat kesiapan PTSP daerah menyongsong pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik dan mengetahui kondisi Satgas percepatan pelaksanaan berusaha di daerah kegiatan ini dilakukan melalui proses survey lapangan yang dilakukan bkpm bekerja sama dengan PT Surveyor Indonesia.

Dalam melakukan penilaian dan peningkatan, BKPM bekerja sama dengan beberapa Kementerian/Lembaga non Kementerian lainnya yaitu Kemenko perekonomian Kementerian Dalam Negeri,Kementerian PAN-RB, Setwapres,Kementerian perindustrian Kementerian Perdagangan, Kementerian keuangan, Kementerian PPN Bappenas BPKP dan KPPOD. (*)





Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus