Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Rapat Bersama OPD, Gubernur Kepri: Pembangunan Harus Utamakan Hak Masyarakat

Selasa, 13 Maret 2018

Gubernur Nurdin Basirun memimpin rapat OPD. (Foto:Istimewa)

TANJUNG PINANG-Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, dalam pembangunan harus bermuara kepada kesejahteraan dan memperhatikan hak masyarakat.

“Utamakan apa yang menjadi hak masyarakat,” kata Nurdin kala memimpin rapat bersama kepala OPD, kemarin.

Sehari sebelumnya, gubernur meninjau Kampung Tanjung Siambang yang merupakan lokasi perumahan warga di Pulau Dompak. Di sini, banyak hal yang perlu diselaraskan dalam pembangunan, mengingat Pulau Dompak sebagai pusat pemerintahan merupakan prioritas utama pembangunan pemprov.

“Perlu strategi sesuai aturan tata ruang yang ada. Petakan segera agar pembangunan di Pulau Dompak dapat selaras dengan kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Kepala Barenlitbang Naharuddin menyarankan, OPD yang mengurus lahan di Pulau Dompak agar lebih berhati-hati dalam pemetaan lahan. “Supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam mengambil kebijakan,” ingat Nahar.

Pada kesempatan itu, gubernur mendengarkan beberapa kepala OPD menyampaikan progres pekerjaannya hingga Maret ini. Kepala Biro Unit Layanan Pelelangan (ULP) Pemprov Kepri Misbardi menjelaskan proses pelelangan kegiatan yang akan dijalankan Pemprov tahun anggaran 2018. “Tahun ini, sebanyak 434 paket sudah terdaftar, dimana 114 paket sudah masuk ke ULP dan 26 paket selesai dan siap untuk dikerjakan,” ungkapnya.

Selanjutnya Kabiro Pembangunan Setdaprov Kepri Aries Fhariandi melaporkan progres realisasi pelaksanaan APBD. “Seluruh OPD agar menyegerakan laporan kegiatan yang sudah di SPJ kan tahun ini agar segera terdata di sistem,” pesan Aries.

Aries juga membahas tentang hasil Hasil pertemuan Gubernur dengan masyarakat Tanjung Siambang yang diharapkan OPD terkait untuk menindaklanjutinya. Antara lain menyangkut status lahan/tanah, seperti sertifikat tanah di buatkan dan pembebasan lahan, lalu pembangunan jalan lanjutan (1-2 Km), penyediaan air bersih (60 rumah), pembangunan Surau setempat, penyedian kontainer sampah, pembangunan balai pertemuan, memprioritaskan lampu jalan dan pembangunan puskesmas.

Selain itu, ada sejumlah bantuan yang diharapkan masyarakat, seperti bantuan boat perahu dan alat tangkap, tambatan perahu (300 M) dan kelong cacah, kawasan pariwisata juga diharapkan diadakan peningkatan seperti pantai Tanjung Setumu dan Pantai Mak Ya. Lalu peningkatan pengembangan olahraga seperti pengadaan iven-iven olahraga.

Sekdaprov Kepri HTS Arif Fadillah mengimbau kepala OPD agar segera turun ke lapangan untuk memetakan kondisi di masyarakat. “Aspirasi masyarakat harus ditindaklanjuti, tidak mungkin Pulau Dompak banyak gedung-gedung bagus tapi disisi perumahan warga setempat tidak terurus. Jadi kita perlu memberikan perhatian kepada masyarakat untuk menyelesaikan hal tersebut,” tukasnya. (indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus