Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Rapat Panitia Seleksi Peserta UKW Inhu, Jawalter: Panitia Agar Bekerja Sesuai Aturan

Selasa, 11 Juni 2019

Panitia dan Diskominfo menggelar rapat persiapan. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Panitia seleksi peserta Uji Kompotensi Wartawan (UKW) Diskominfo Kabupaten Inhu kembali menggelar rapat persiapan yang dipimpin Kadis Kominfo Inhu Jawalter S. Rapat dihadiri Sekretaris Diskominfo Roma Doris, Kabid LKI Atan dan panitia seleksi UKW serta Ketua PWI Inhu Efril Reza di kantor Kominfo, Selasa (11/6/2019).

Jawalter mengatakan, rapat panitia untuk pematangan kelengkapan persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan penguji dari Lembaga Pers Doktor Sutomo (LPDS). Ada 3 jenjang ujian yang akan dilakukan dengan syarat dan ketentuan, yakni UKW untuk jenjang wartawan Muda dengan syarat peserta wartawan sudah menjadi peliput minimal 1 tahun peliputan dan bertugas liputan dilapangan serta melampirkan tulisan berita.

Untuk peserta Madya diharuskan sudah menjadi redaktur 3 tahun dengan tugas menyunting karya jurnalistik wartawan, melampirkan serta tulisan future dan telah mendapatkan sertifikat UKW muda sekurang-kurangnya 3 tahun.

Sedangkan jenjang peserta UKW Utama dengan sudah menjadi Pimpinan Redaksi (Pimred) minimal 5 Tahun dan bertugas mengevaluasi, menentukan kebijakan dan arah pemberitaan, termasuk didalamnya liputan investigasi dan melampirkan tulisan opini atau tajuk.

Dikatakan, pendaftaran telah dibuka sejak 10 Juni 2019 dan akan berakhir 16 Juni 2019 dengan persyaratan yang telah ditentukan untuk diteruskan kepada penguji LPDS di Jakarta agar dilakukan verifikasi administrasi. Sementara untuk kuota pendaftaran UKW liputan Inhu berjumlah 40 wartawan dan wartawati.

"Kita akan mulai action atau ujiannya pada tanggal 4,5 dan 6 Juli 2019 mendatang di Inhu, dengan catatan, perusahaan pers sendiri sudah terverifikasi secara administrasi dari Dewan Pers," kata Jawalter.

Dia berharap, UKW tajaan Diskominfo Inhu ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Inhu terhadap insan pers yang ada di Inhu. "Terlebih bentuk kegiatan ini dilakukan secara terbuka, baik dari pembayaran transaksinya yang juga dilakukan secara online," tukasnya.

Karena itu, diharapkan panitia seleksi peserta UKW Inhu bekerja secara terbuka dan transparasi dengan baik serta sesuai aturan.

Ketua PWI Inhu Efril Reza menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Inhu menaja UKW di Inhu untuk dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya dalam bidang jurnalistik  mengikuti dan perkembangan pers di Indonesia. (*)





Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus