Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Rapat Pleno KPU Pekanbaru Sahkan Kemenangan Pasangan Syamsuar-Edy Nasution

Rabu, 04 Juli 2018

Pasangan Syamsuar-Edy Nasution menangkan suara di Pekanbaru. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru secara resmi mengesahkan kemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Edy Nasution dengan perolehan suara mencapai 45 persen.

"KPU lewat rapat pleno sudah mengesahkan Paslon nomor urut 1 Syamsuar-Edy Nasution memperoleh suara terbanyak diikuti nomor urut 3, seterusnya 4 dan 2," kata Ketua KPU Riau Amiruddin Sijaya usai rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilgub Riau 2018 tingkat Pekanbaru di Pekanbaru, Rabu siang.

Dijelaskan, perolehan suara Syamsuar-Edy Nasution di tingkat Kota Pekanbaru mencapai 138.664 atau meraih 45 persen dari total pemilih. Selanjutnya diikuti oleh Paslon nomor urut 3 yakni Firdaus-Rusli Effendi dengan perolehan suara 75.821 atau sebesar 25 persen dari total pemilih di Pekanbaru.

Selanjutnya, Gubernur petahana Ardyadjuliandi Rachman-Suyatno meraih suara 64.204 atau 21 persen dan pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto hanya 26.046 suara atau 9 persen.

Menurut Amirudin, hasil pleno ini akan langsung diserahkan kepada KPU Riau untuk jadi bahan pleno ditingkat Provinsi. "Setelah ini hasil pleno Pekanbaru langsung kita serahkan ke KPU Riau, dan otomatis tugas dan tahapan kita selesai, " imbuhnya.

Selama proses pleno dan pembacaan perolehan suara oleh 12 Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) berjalan lancar dan tidak ada protes atau interupsi dari semua hadirin yang menjadi saksi pleno. 

Hanya saja sebut dia Panitia Pengawas Kota Pekanbaru diakhir acara memberikan beberapa evaluasi terkait proses Pilgub 2108, mulai dari masih minimnya pemahaman KKPS hingga tingkat partisipan pemilih setempat yang membaik. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus