Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Real Count KARIB: Syamsuar-Edy Nasution Menangi Pilgub Riau, Raih 39,43 Persen

Kamis, 28 Juni 2018

Perhitungan real count menempatkan Syamsuar-Edy Nasution sebagai pemenang. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Berdasarkan hasil hitungan cepat atau quick count lembaga survei PolMark Indonesia dan perhitungan riil atau real count yang dilakukan Partai Koalisi Riau Bersatu (KARIB), pasangan Syamsuar-Edy Nasution meraih suara terbanyak.

Data yang masuk sampai pukul 17.39 WIB diketahui, suara masuk sudah mencapai 1.803.432 dari 10.220 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk TPS sesuai ketentuan KPU sendiri adalah sebanyak 12.054.

Dari suara yang sudah masuk, Syamsuar-Edy Nasution meraih suara tertinggi dengan 39,43 persen diikuti pasangan Arsyadjuliandi Rahman dengan 23.94 persen. Untuk posisi ketiga ditempati pasangan Firdaus-Rusli Efendi dengan 20.19 persen terakhir pasangan Lukman Edy-Hardianto dengan 16,44 persen.

Ketua KARIB Irwan Nasir kepada wartawan menjelaskan, penghitungan real count dilakukan untuk memberikan informasi terbuka, transaparan dan akuntabel kepada masyarakat. "Ini juga sebagai upaya untuk bersama-sama mengawal Pilkada agar Jujur dan Adil," kata Irwan, Kamis (28/6/2018).

Selain itu, pihaknya sebagai partai pendukung pasangan Syamsuar-Edy Nasution sengaja ingin menyajikan demokrasi yang dinamis kepada masyarakat. "Hasil Real count yang kami lakukan ini bisa langsung diakses di realcount.net. Masyarakat bisa langsung melihat pergerakan perhitungan. Karena memang sampai sekarang, data masih belum seluruhnya masuk. Setiap waktu akan terus berubah hingga nanti akhirnya sampai 100 persen," tuturnya. 

Dikatakan, PolMark Indonesia sebelumnya juga telah melakukan hitung cepat (real count) dan hasilnya pasangan Syamsuar-Edy Nasution adalah pemenang Pilgubri 2018. "Alhamdulillah hasil perhitungan KARIB, pasangan Syamsuar-Edy Nasution sebagai pemenang Pilgubri 2018," ungkapnya. 

Ditambahkan, perhitungan ini hanya informasi awal dan bukan merupakan hasil akhir Pilgub Riau 2018. Sebab, hasil akhir diketahui setelah KPU Riau menggelar rapat pleno penetapan hasil. (*)



Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus