Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Realisasi PAD Inhil Tak Capai Target, M Sabit: OPD Tak Miliki Data Valid!

Senin, 09 Oktober 2017

Juru bicara fraksi Partai Demokrat M Sabit Bahar. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HILIR-Pemasukan Kabupaten Indragiri Hilir terus mengalami penurunan. Tahun 2016 lalu, realisasi pendapatan asli daerah Inhil tercatat menurun sampai 2,5 persen dari target yang ditetapkan. Ironisnya, target pendapatan dari sektor pajak daerah dan restribusi yang menjadi tolak ukur dari kinerja Badan Pendapatan Daerah dan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya mengalami penurunan sampai 25 persen dari target yang ditetapkan.

Kondisi tersebut tentu menjadi pertanyaan dan harus menjadi bahan evaluasi terhadap kinerja OPD. "Persoalan paling mendasar terletak pada hampir semua OPD adalah terkait dengan ketiadaan data yang valid, reliabel, terukur dan terpercaya dari setiap OPD. Hal ini jelas menyulitkan mereka dalam mencapai target yang ditentukan," kata anggota DPRD Inhil M Sabit Bahar di Tembilahan, akhir pekan lalu.  

Sebelumnya, saat menyampaikan pandangan fraksinya dalam terhadap Pansus Ranperda APBD dalam paripurna DPRD Inhil, beberapa waktu lalu, M Sabit juga menyebutkan, beberapa faktor yang membuat terjadinya kebocoran dalam PAD Inhil.

"Selain itu, masih lemahnya pengawasan, keterbatasan sumber daya manusia dan minimnya koordinasi antar OPD membuat potensi kebocoran pada PAD Inhil kian besar. Kita melihat, kurangnya sosialisasi, pendekatan dan ketegasan terhadap wajib pajak dan restribusi juga menjadi penyebab minimnya pendapatan dari sektor pajak dan retribusi tersebut. Karena itu, pemkab harus segera berbenah dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah dari pajak dan retribusi," ujar politisi Partai Demokrat tersebut. (adv/parlemen)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus