Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Kuansing

Realisasi PAD Kuansing Rendah, Bupati Mursini: Regulasi Berpindah ke Provinsi dan Pusat!

Sabtu, 04 November 2017

Bupati Mursini (tengah) menyampaikan padangan pemerintah. (Jhon/FokusRiau.Com)

KUANSING-Bupati H Mursini menyampaikan jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi pada sidang raripurna DPRD, Jumat (3/11/2017) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati Mursini menyampaikan soal pencapaian pendapatan asli daerah (PAD) Kuansing yang baru mencapai Rp32 miliar dari Rp75 miliar yang ditargetkan. Jumlah tersebut terbilang rendah, namun bukan berarti itu terjadi semata-mata akibat rendahnya kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Kuansing.
 
Namun itu semua terjadi karena berpindahnya regulasi di Pemerintah Pusat dan Provinsi, terutama menyangkut kewenangan pemungutan pajak dan retribusi. Salah satunya mengenai retribusi izin gangguan. "Sebelumnya soal retribusi tersebut diatur dalam Undang-undang No 28 tahun 2009 tentang target pencapaian PAD yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah. Di tengah perjalanan, regulasi tersebut berubah dan diambil alih oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi.
 
Bupati Mursini juga tidak menampik rendahnya kinerja semua unsur. Untuk itu, dia akan mengevaluasi regulasi tersebut dan sumber daya manusia OPD di Pemkab Kuansing. "Tentu akan dievaluasi dengan cara mengedepankan objektivitas kinerja aparatur terkait, sehingga penerimaan PAD bisa maksimal ke depannya," tukasnya. (jhon hendri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus