Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pokok Pikiran

Refleksi Akhir Tahun: Ketangguhan Mursini-Halim Majukan Kuansing!

Senin, 01 Januari 2018

Gubernur melantik Mursini dan Halim. (Foto:Istimewa)

Oleh: Jhon Hendri*

SUDAH 18 bulan, pasangan Mursini dan Halim memimpin Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Sejak dilantik Gubernur Arsyadjuliandi Rahman, 1 Juni 2016 lalu di Gedung Daerah Riau, Mursini-Halim mengawali pemerintahannya dengan laluan jalan berduri menuju visi misi Unggul, Sejahtera, Agamis dan Harmonis (USAHA).

Bulan Juni tersebut, alokasi dana pembangunan sudah tersedia dan pasangan ini terpaksa harus mengikuti arah pembangunan dalam APBD yang sebelumnya sudah dibuat pemerintahan terdahulu. Untuk menjalankan roda pemerintahan, Mursini-Halim mulai menyusun  Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai dasar hukum penyusunan program lima tahun ke depan yang akan dituangkan dalam APBD berikutnya.

Dampaknya, saat pengesahan APBD tahun anggaran 2017 sempat terlambat dan akhirnya baru disahkan 5 Mei 2017 sebesar Rp1,374 triliun lebih.

Sejak Juni 2016 itu juga, pasangan Mursini-Halim terus diterpa isu, di antaranya soal tunda bayar sebanyak 2.520 orang guru bersertifikasi. Di mana menurut Kementerian Keuangan, dana sertifikasi guru untuk Kabupaten Kuansing sudah ditransfer saat pemerintahan sebelumnya, namun ketika saat jatuh tempo pembayaran hak guru, dana tersebut mendadak raib. 

Akibatnya, polemik bermunculan dan memicu demonstrasi para guru. Hasil kesepakan Mursini-Halim, pemkab akan menganggarkan kembali dana tersebut melalui APBD 2017. Setelah ketuk palu, pengesahan anggaran tunda bayar sebesar Rp37.199.802.580 tersebut akhirnya dituntaskan. Padahal, itu merupakan tanggungjawab pemerintah sebelumnya. Namun kewajiban itu kemudian diambil alih Mursini-Halim demi menjaga kondusifitas daerah.

Tak hanya itu, melalui APBD 2017, terdapat mata anggaran gaji untuk tenaga honorer yang juga sempat tidak terbayarkan tahun 2016, sekaligus anggaran tenaga honor untuk 2017. Di mana awal 2017, Mursini-Halim tidak bisa menerbitkan SK terbaru bagi 2.926 orang.

Polemik terus berlanjut sampai berakhirnya 2017. Tenaga honorer belum juga diangkat, karena adanya peraturan Menteri Dalam Negeri tentang prosedur pengangkatan tenaga honorer yang tidak memberikan ruang bagi kepala daerah untuk mengangkat mereka, namun hanya Kepala OPD yang bisa mengangkat mereka sesuai kebutuhan.

Padahal, anggaran untuk tenaga honorer tersebut sudah ada dalam APBD 2017. Alhasil, pada APBD Perubahan 2017, pemkab mengusulkan pengangkatan 6.300 honorer untuk November-Desember yang dituangkan dalam KUA-PPAS pembahasan APBD Perubahan. Namun rencana tersebut kembali gagal, karena berbeda pandangan dengan DPRD.

Akhirnya, pemkab mengeluarkan SK terhadap jumlah real honorer yang hanya 356 orang. Ini semua merupakan rangkaian perjalanan 18 bulan pemerintahan Mursini-Halim. 

Lantas bagaimana dengan prestasi Mursini-Halim?

Pembangunan tetap berjalan sesuai skala prioritas dan pemerataan pembangunan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Seperti pembangunan fisik dan peningkatan ruas jalan serta pengaspalan jalan terus dilakukan. Untuk bidang ekonomi kerakyatan, pemkab menyalurkan bantuan bibit sawit kepada petani.

Bidang Kepegawaian, Mursini-Halim akhir tahun lalu melantik para kepala SD dan SMP serta beberapa jabatan tinggi Pratama. Tentu pasangan ini mempunyai alasan sendiri, kenapa harus melantik mereka di penghujung tahun.

Lantas bidang pendidikan. Demi kesejahteraan tenaga pendidik di tingkat non formal seperti PAUD, MDA atau PDTA dan gharim, pemkab sudah membuat regulasi dan menyalurkan dana hibah untuk kesejahteraan mereka. 

Sekarang duri dan kerikil yang menghalangi jalan Mursini-Halim mulai menghilang. Inilah saatnya pasangan yang didukung masyarakat Kuansing tersebut menunjukan kinerjanya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan di negeri yang terkenal dengan budaya pacu jalur ini. (***)

*Penulis adalah reporter FokusRiau.Com yang bertugas di Kabupaten Kuansing


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus