Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Reklame Ilegal Bertebaran di Pekanbaru, Satpol PP Tak Mampu Bertindak Akibat Minim Anggaran

Rabu, 04 Oktober 2017

Satpol PP memotong tiang reklame di Jalan HR Soebrantas Panam. (Foto:Rtc)

PEKANBARU-Semakin hari tiang reklame kian menjamur dan berseliweran merusak wajah ibukota Riau. Pemko Pekanbaru sendiri tampaknya tak kuasa mengatasi hal itu. Akibatnya, selain tak menghasilkan pendapatan bagi daerah juga merusak wajah perkotaan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengakui, di Kota Pekanbaru banyak berdiri tiang reklame yang menyalahi aturan dan tidak miliki izin sama sekali. Meskipun demikian, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Sebab kondisi keuangan Pemko Pekanbaru yang minim untuk operasional membuat ruang gerak tim yustisi mandeg. 

"Memang benar. Kita sebenarnya memiliki banyak target dalam penertiban tiang atau papan reklame. Namun tidak bisa kita lakukan, karena keterbatasan anggaran," kata Zulfahmi kepada wartawan, Rabu (4/10/2017) di Pekanbaru. 

Dikatakan, sebelumnya ada empat tiang reklame yang sudah dieksekusi. Hal itu sesungguhnya sudah direncanakan sejak tahun lalu, namun baru tahun ini bisa dilaksanakan. "Tiang dan reklame yang kemarin kita tertibkan sudah direncanakan sejak setahun lalu. Baru dilaksanakan, dampak dari minimnya anggaran untuk penertiban dan juga minimnya peraonil yang kita miliki," tuturnya. 

Menurutnya, ribuan reklame yang ada di Pekanbaru melanggar aturan bila mengacu kepada Perwako Reklame Nomor 24 tahun 2013 tentang penyelenggaraan reklame. Dimana dalam Perwako tersebut dijelaskan, reklame harus terletak di luar trotoar dan satu meter dari bahu jalan. Selain itu reklame harus menempel di dinding toko bukan berdiri tersendiri. 

"Dengan dasar itulah kita kemudian melakukan eksekusi secara bertahap. Cara lain yang dilakukan dengan terus meningkatkan intensitas sosialisasi tentang aturan reklame dan menyuruh pemilik reklame yang melanggar aturan untuk membongkarnya sendiri," tukasnya. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus