Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Resmi Dilantik Sebagai Ketua NPC Pelalawan 2018-2023, Rano: Siap Harumkan Nama Pelalawan

Sabtu, 19 Mei 2018

Rano Kasman bersama pengurus usai dilantik. (Foto:Tengku Arjan/FokusRiau.Com)

PELALAWAN-Rano Karman resmi dilantik sebagai Ketua National Paralympic Committe (NPC) Kabupaten Pelalawan periode 2018-2023. Pelantikan dilakukan Ketua NPC Riau Jaya Kesuma di Ruang Serbaguna Dinas Sosial, Jumat sore dan dihadiri Kadisbudparpora serta Sekretaris Dinas Sosial.

Jaya Kesuma mengatakan, NPC merupakan organisasi para atlit disabilitas yang sama dengan KONI agar dapat membanggakan negara melalui prestasi di bidang olahraga. "Yang membedakan NPC dengan KONI adalah KONI memiliki atlit berprestasi dengan kondisi tubuh sempurna. Sedangkan NPC atlitnya disabilitas. Kalau atlit normal berprestasi wajar, tapi kalau atlit cacat berprestasi itu yang luar biasa," kata Jaya.

Dilanjutkan, sebenarnya NPC Pelalawan sudah terbentuk tujuh tahun lalu dipimpin Aritonang. Tetapi kemudian vakum, karena penggurus lama tidak bisa membuat laporan pertangunggjawaban kepada NPC Riau, sehingga di bekukan.

"Dengan dilantiknya pengurus baru NPC Pelalawan, saya berharap NPC Pelalawan dapat bekerja sama dengan pemkab mengenai dana dan membuat pertanggungjawaban dana dana yang dipakai. Kalau tidak bisa membuat laporan lebih baik dana tersebut tidak usah diambil dari pada terjerat hukum," tukasnya.
 
Harumkan nama Pelalawan
Di sisi lain, Rano menyebut, pengurus siap mengharumkan nama Pelalawan di kancah nasional bahkan internasional. "Kita siap membina para atlit di Pelalawan, sehingga dapat berprestasi mengharumkan nama daerah di tingkat nasional," ucapnya.

Dikatakan, selama ini hubungan NPC dengan pemkab sempat terputus. Sehingga dana APBD Pelalawan tahun ini kepada NPC tidak mengalir. "Itu yang akan kita jalin kembali, agar tahun depan kita bisa dapat dana APBD untuk atlit. Karena Undang-undang mengatakan, kedudukan KONI dan NPC sama. Kalau KONI dapat NPC pun harus dapat. Kita akan membuat proposal bantuan buat atlit cacat agar bisa berprestasi," tukasnya.

Dikatakan, atlit Pelalawan terbukti sudah banyak berprestasi. Ini dibuktikan dengan dua atlit Pelalawan yang menorehkan prestasi di Paralympic. "Atlit NPC Pelalawan atas nama Tiwa di cabang atletik dan Suwardi Sinaga di cabang catur saat ini bahkan sedang mengikuti Pelatnas di Jakarta untuk mengikuti Sea Games Paralympic 2018. Mudah-mudahan kedua atlit kita dapat meraih medali emas di ajang tersrbut," harapnya. (*)



Penulis : Tengku Arjan
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus