Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Riau Berasap: Hunian Hotel di Pekanbaru Riau Turun 20 Persen

Rabu, 18 September 2019

Asap selimuti Kota Pekanbaru. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Pekanbaru, Riau menyatakan, bencana asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda wilayah mereka telah mengganggu ekonomi daerah. 

Untuk sektor perhotelan dan restoran misalnya, bencana asap telah menurunkan tingkat hunian sampai dengan 20 persen. Penurunan terjadi sejak dua bulan terakhir. "Asap yang melanda Pekanbaru dan sekitarnya cukup lama dan parah," kata Ketua PHRI Pekanbaru Novrizal, Selasa (17/9/2019).

Dia memperkirakan, penurunan tingkat hunian terjadi karena banyak maskapai penerbangan yang menunda jadwal mereka akibat gangguan kabut asap. Penundaan jadwal penerbangan tersebut membuat kunjungan masyarakat yang ingin berkunjung ke Pekanbaru mengurungkan niatnya.

Novrizal berharap, pemerintah bergerak cepat dalam mengatasi masalah kebakaran hutan. Pasalnya, kalau tidak segera diatasi, dia meramalkan tingkat hunian bisa makin hancur. Menurutnya, bencana asap yang tidak segera diatasi dalam waktu dekat bisa membuat hunian hotel bisa anjlok sampai dengan 40 persen.

Dan ketika penurunan tersebut terjadi, masalah tidak hanya akan menimpa pengusaha hotel dan restoran saja. Novrizal mengatakan pelaku usaha lain juga akan terkena dampak atas masalah tersebut. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus