Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Ribuan Buruh Seruduk Kantor Disnaker, Kawal Pembahasan UMSK 2018

Selasa, 13 Maret 2018

Para buruh menyampaikan aspirasi ke Kantor Disnaker. (Foto:Istimewa)

BATAM-Ribuan buruh di Kota Batam, Selasa (13/3/2018) siang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Aksi buruh tersebut merupakan gabungan dari organisasi FSPMI, FSPSI dan KSPSI Batam yang mengawal rapat pembahasan UMSK Batam yang digelar saat bersamaan.

Seorang anggota PUK FSPMI Mukakuning, Arif mengatakan, ada sekitar seribu buruh mengikuti aksi damai kali ini. “Sekitar seribu orang buruh yang datang dari semua kawasan industri di Batam,” kata Arif kepada wartawan di tengah aksi unjuk rasa.

Menurutnya, rapat pembahasan upah sektoral 2018 ini, diharapkan para buruh menuai hasil berupa penetapan yang sesuai. Ada 3 kategori yang diharapkan para buruh dalam hal ini. "Pertama, penetapan UMSK 5 persen dari UMK, kedua kemudian 10 persen dari UMK dan ketiga 15 persen dari UMK Batam," ujarnya.

Dijelaskan, belum adanya penetapan upah sektoral tahun ini karena pihak Apindo yang tidak menginginkan penambahan upah sektor pekerjaan. “Apindo hanya inginkan UMK saja,”bebernya.

Padahal di Kota Batam ada sektor unggulan seperti alat berat dan elektronik yang pekerjaannya lebih tinggi dari pada sektor biasa. “Karena itu kami menuntut upah sektoral ini. Kami berharap rapat hari ini mendatangkan hasil,” ujarnya. (indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus