Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohul

Ribuan Warga Begitu Antusias Ikuti Pembukaan MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019

Selasa, 09 April 2019

Bupati Sukiman menekan tombol sirine pembukaan MTQ. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

ROKAN HULU-Ribuan warga tampak begitu antusias menyaksikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2019 di Lapangan Pematang Baih Astaqa MTQ Provinsi Riau. MTQ dibuka langsung oleh Bupati H. Sukiman, Senin (8/4/2019) malam.

Senin sore, Bupati Sukiman melepas peserta Pawai ta'aruf pembukaan MTQ ke-XIX Kabupaten Rohul di Jalan Tuanku Tambusai, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah dan diramaikan puluhan mobil hias dari 16 kecamatan.

Pawai ta'aruf dihadiri puluhan ribu masyarakat dan pelajar dari 16 kecamatan, termasuk Ketua DPRD Kelmi Amri SH, Sekretaris Daerah H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Forkompinda dan kepala OPD Pemkab Rohul.

Pada malam pembukaan MTQ XIX, hadir Plt Kakanwil Kemenag Riau H. Muhammad Saman, Forkompinda, Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hulu Hj. Peni Herawati, Sekda Abdul Haris, para asisten, staf ahli, pejabat Pemkab Rohul, Camat dan undangan lainnya.

Kegiatan dibuka defile kafilah dari 16 kecamatan, dilanjutkan tari tepak sirih, yang melibatkan sekitar 50 penari yang merupakan siswi binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul dan doa oleh HM Saman.

Ketua Umum Pelaksana MTQ XIX Ir. M. Ruslan‎ M.Si  menyebut, maksud dan tujuan digelarnya MTQ untuk menimbulkan rasa cinta masyarakat terhadap al quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan MTQ juga untuk mencari bibit qori dan qoriah terbaik Rohul, hafidz dan hadidzah, khottot dan Khottotoh, group Syarhil dan Group Fahmil terbaik, sebagai utusan Rokan Hulu‎ mengikuti MTQ Riau 2019 yang akan dilaksanakan di Bangkinang Kabupaten Kampar.

MTQ XIX Kabupaten Rohul akan berlangsung 7 hari, mulai 8-14 April 2019 dan mempertandingkan 5 cabang, yakni Cabang Tilawatil Qur'an, Hifzil Qur'an/ Tahfidz, Khattil Qur'an, Syarhil Quran, dan Cabang Fahmil Quran dengan total 526 peserta.

Sementara itu, Bupati Sukiman sebelum membuka acara menyerahkan tropy bergilir MTQ Rohul dari Camat Rambah Fathanalia Putra. Piala kemudian diserahkan ke M. Ruslan, selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ ke-XIX tingkat Kabupaten Rohul 2019.

Bupati berharap, MTQ bisa dimaknai masyarakat untuk mengerti dan mengamalkan kandungan al quran. Dia juga mengajak generasi muda Negeri Seribu Suluk harus menjadi pribadi al quran.

Bupati berharap, di perhelatan MTQ yang baru akan berakhir‎ 14 April berjalan aman, lancar dan tertib. Masyarakat‎, terutama kaum muda diajak Bupati untuk ikut membumikan al quran di Negeri Seribu Suluk. "Kita harapkan, pertama melalui MTQ dapat menghasilkan anak-anak kita yang terbaik," tukasnya. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 17 September 2019 - 20:10:50 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:23:19 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:04:32 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 15:42:31 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 12:38:08 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus