Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

RSUD dan Puskesmas di Rohul Siap Hadapi BPJS 2014

Senin, 10 Juni 2013


PASIR PENGARAYAN-Menjelang diberlakukannya sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tahun 2014 mendatang, RSUD Rokan Hulu bersiap dengan menggelar workshop bersama Perhimpunan Rumah Sakit seluruh Riau yang berlangsung di Sapadia Hotel Pasir Pengarayan, Senin (10/6).

Sekda Rokan Hulu, Damri ketika membuka workshop mengatakan, tahun 2014 mendatang BPJS secara nasional sudah mulai diberlakukan di seluruh Rumah Sakit Indonseia, baik swasta maupun Rumah Sakit Pemerintah. Dimana setiap Rumah Sakit nantinya harus memberikan pelayanan terbaik bagi semua pasiennya.

Dalam sistem BPJS, standarisasi harga pengobatan pasien sudah ditentukan secara nasional dan berlaku di seluruh rumah sakit. Karena itu, RSUD dan Puskesmas harus bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan pelayanan BPJS harus berorientasi kepada human intrest, terkait service excelent dalam membentuk opini yang baik dan bisa mengatasi keluhan yang masuk harus diselesaikan dengan baik.

"RSUD Rokan Hulu dan Puskesmas pemerintah umumnya sudah siap dalam menghadapi pemberlakukan BPJS tersebut. Beberapa standar pelayanan di RSUD juga sudah kita perbaiki," kata Damri.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hulu, Wildan Asfan Hasibuan menambahkan, standar pelayanan kesehatan di Rokan Hulu sudah semakin membaik dari tahun ke tahun dengan angka kematian ibu dan bayi juga semakin menurun dan berada di bawah rata rata standar nasional. Di Rokan Hulu, jumlah harapan hidup tahun 2013 mencapai 72 tahun dan angka gizi buruk juga semakin menurun.

Ini menunjukkan, strandar pelayanan kesehatan di Rohul sudah semakin bagus, baik dari sisi pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun pelayanan kesehatan di RSUD. Terhadap pemberlakukan sistem BPJS tahun 2014 nanti secara bertahap sampai tahun 2019 mendatang, seluruh standar pelayanan akan dibayar sesuai tarif yang disamakan di seluruh Indonesia.

"Untuk standar pelayanan kesehatan di Rokan Hulu setiap tahun semakin membaik. Hal ini bisa dilihat dengan semakin menurunnya angka kematian ibu dan bayi serta semakin bertambahnya jumlah harapan hidup," kata Wildan. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 17 September 2019 - 20:10:50 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:23:19 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:04:32 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 15:42:31 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 12:38:08 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus