Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

RTI Mencatat, Transaksi Saham BTPN Mencapai Rp6,4 T

Sabtu, 11 Mei 2013


JAKARTA-Nilai transaksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang hari ini mencapai Rp12,656 triliun. Dari nilai tersebut, sekitar Rp7,4 triliun transaksi dilakukan pada pasar negosiasi.

Berdasarkan data RTI, saham yang nilai transaksinya paling besar di  pasar negosiasi adalah saham PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk (BTPN). Adapun nilainya mencapai Rp6,4 triliun.

Sementara, pihak yang melakukan jual beli tutup sendiri adalah CIMB Securities sebagai pihak penjual dan Kim Eng Securities sebagai pihak pembeli dengan nilai transaksi Rp6,4 triliun.

Sekadar mengingatkan, Sumitomo Mitsui Financial Group Inc akhirnya setuju membeli saham Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) senilai Rp 9,21 triliun (US$ 946 juta) untuk bisa mengembangkan sayapnya ke Asia Tenggara.

Dalam rilisnya, Sumitomo Mitsui Banking Corp, bank terbesar kedua di Jepang ini menyatakan, niatnya membeli 24,26 persen (1,42 miliar saham) saham BTPN. Sumitomo Mitsui telah membeli 16,87 persennya dari TPG Nusantara S.a.r.l. di harga Rp 6.500 dan mereka pun berencana untuk terus menaikkan sahamnya menjadi 40 persen.

Walau rencana ini masih menunggu persetujuan dari otoritas bank di Indonesia, Sumitomo Mitsui menyatakan niatannya untuk menjadi significant minority owner. Di posisi kedua dan ketiga di pasar non reguler hari ini terdapat saham PT Astra International Tbk (ASII) senilai Rp187,5 miliar dan PT SMR Utama Tbk (SMRU) senilai Rp91 miliar. (kci/lin)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus