Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Rupiah Menguat ke Posisi Rp14.480 per Dolar Akibat Kerusuhan di AS

Selasa, 02 Juni 2020

Rupiah dibuka menguat pagi tadi. (Foto:Istimewa)

JAKARTA-Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.480 per dolar AS, Selasa pagi. Posisi tersebut menguat 0,89 persen dibanding perdagangan sebelumnya yang berada pada level Rp14.610 per dolar AS.

Sementara sejumlah mata uang Asia lainnya bergerak bervariasi. Tercatat, yen Jepang menguat sebesar 0,07 persen, ringgit Malaysia 0,5 persen, dolar Singapura 0,05 persen. Sebaliknya, won Korea Selatan melemah 0,03 persen, peso Filipina 0,09 persen. Senada, pergerakan mata uang di negara maju juga terpantau bergerak bervariasi.

Poundsterling Inggris tercatat menguat 0,04 persen dan dolar Kanada 0,07 persen, sedangkan dolar Australia minus 0,18 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra menjelaskan, nilai tukar rupiah berpotensi menguat terhadap dolar AS hari ini. Pasalnya, mata uang Negeri Paman Sam diramalkan terkoreksi lantaran demo yang berakhir rusuh di AS.

Diketahui, sejumlah demonstran merusak sejumlah properti dan monumen di Washington DC, Senin kemarin. Unjuk rasa ini disulut kematian George Floyd. Presiden AS Donald Trump mengecam keras aksi demo kematian George Floyd yang berakhir dengan tindak kerusuhan dan penjarahan di Washington DC. 

Ia mengajukan untuk memobilisasi militer di seluruh negeri agar masalah itu bisa segera diatasi. Ariston menyatakan, terdapat sentimen positif lainnya yang akan menggerakkan rupiah hari ini, yaitu rencana pelonggaran lockdown di sejumlah daerah. Hal itu dianggap akan membuat roda perekonomian kembali bergerak.

"Pasar juga masih merespons positif rencana pembukaan kembali sebagian aktivitas ekonomi di tengah pandemi yang masih berlangsung," ujar Ariston.

Menurutnya, rupiah hari ini akan mengarah ke area Rp14.500 per dolar AS. Tepatnya, rupiah diproyeksi bergerak dalam rentang support Rp14.500-Rp14.450 per dolar AS dan resistance di kisaran Rp14.700 per dolar AS. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus