Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Rutan Kabupaten Siak Riau Terbakar, Dipicu Tindak Kekerasan Petugas

Sabtu, 11 Mei 2019

Kondisi Rutan Siak terbakar. (Foto:Istimewa)

SIAK-Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kabupaten Siak, Riau, dini hari tadi terbakar. Kebakaran diduga dipicu tindak kekerasan petugas di dalam rutan tersebut terhadap sejumlah tahanan.

Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengungkap, kejadian berawal dari kegiatan inspeksi yang dilakukan petugas Rutan terhadap tahanan narkoba. 

"Kemudian ditemukan penggunaan narkoba, penyidik polres turun, kemudian ada masalah," ujar Widodo, Sabtu (11/5/2019) pagi. 

Dikatakan, setelah penemuan tersebut, ada indikasi muncul perlakuan tidak mengenakan dari aparat internal rutan saat itu. Sehingga, akhirnya memicu kerusuhan. "Ada indikasi aparat internal yang buat mereka (tahanan) protes keras. Kita akan selidiki hal yang akhirnya menimbulkan kejadian ini," ungkapnya. 

Saat ini, sejumlah saksi sedang diperiksa polisi. Kondisi rutan yang terbakar di bagian depan tidak bisa digunakan lagi. "Alhamdulillah, tidak ditemukan korban jiwa," tambahnya. 

Sementara itu, sebagian dari tahanan yang kabur saat kejadian sekarang sudah diamankan. Saat ini, Polres Siak dan petugas Kementerian Hukum dan HAM masih menghitung kembali jumlah napi yang ada di dalam rutan tersebut. "Jumlahnya 648 orang. Tadi sudah diamankan 110 orang. Sekarang sedang pengecekan dan negosiasi dan belum tahu totalnya," ujarnya.

"110 napi dan tahanan sudah dalam pengawasan kita. Masih ada yang tersisa di dalam Rutan. Nanti kita cek dan hitung jumlah yang ada," ujar kapolda.

Para napi yang berada dalam pengawasan polisi dievakuasi ke gedung Tengku Maharatu di depan Istana Siak. Mereka didudukkan dan diawasi ketat aparat kepolisian. (*)

 
 
 



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus