Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Saat Pepih Nugraha Berbagi Trik Memajukan Media Online dalam Pelatihan Pertamina-PWI Riau

Sabtu, 12 Mei 2018

Pepih Nugraha memaparkan teknik dan trik jurnalisme online. (Foto:Andi Affandi/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau bersama PT Pertamina, Sabtu (12/05/2018) menggelar pelatihan fotografi dan jusnalistik online bagi pewarta di Riau. Pelatihan tersebut merupakan komitmen Pertamina dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan insan pers di tanah air.

Pelatihan menghadirkan dua pemateri, yakni founder pepnews.com Pepih Nugraha dan Fotografer senior Kompas Arbain Rambey. 

Pepih Nugraha yang merupakan mantan jurnalis Kompas menyampaikan beberapa trik dan pengalaman di media online. Sementara, Arbain Rambey di hadapan sekitar 35 wartawan dan wartawati yang mengikuti pelatihan memaparkan teknik-teknik dan trik seputar fotografi.

"Kekuatan media online adalah link. Salah satu cara dengan mengaitkan ke youtube dan wikipedia," kata Founder PepNews Pepih Nugraha. Puluhan tahun menjadi pengelola Kompas.com dan Kompassiana.com, Pepih paham betul geliat suksesnya media daring di Tanah Air.

Dia juga tidak sungkan membagikan pengalaman dan tipsnya kepada peserta pelatihan. Menurutnya, ke depan peluang bisnis media daring sangat maju ketimbang cetak, namun perlu ada inovasi dan trik yang dilakukan agar mampu meraih pembaca dan rating yang tinggi.

Masalahnya, kini banyak media daring tidak eksis di medsos. Jangan lupakan video, baik itu grafis bergerak dan share ke media sosial. "Kalau kita punya online tidak dishare ke media sosial, jelas tidak akan berkembang dan eksis," ujarnya.

Dikatakan, saat ini jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 265,4 juta jiwa, dimana 67 persen atau 177 juta tentu memiliki telepon seluler dan 46 persen berada di usia 18-29 tahun. "Mereka anak mileniel Indonesia pada usia 18-29 tahun kerjanya main youtube, ini penemuan saya saat bekerja di kompasiana.com, " tukasnya.

Wakil Ketua PWI Riau, Novrizon Burman saat membuka kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pluit UMKM Jalan Garuda Pekanbaru menyampaikan, pelatihan ini merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman Pertamina yang ditandatangani bersama PWI pada peringatan HPN di Padang beberapa waktu lalu. (*) 



Penulis : Andi Affandi
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus