Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Saat Salat Zuhur, Perahu Tim Baboko D Lounge Buluh Cina Tetiba Terbalik Usai Finish

Selasa, 19 Desember 2017

Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap korban. (Foto:Satria Donald/FokusRiau.Com)

SIAK-Ribuan masyarakat saat menyaksikan perlombaan Siak Internasional Serindit Boat Race yang berlangsung di Tepian Sungai Jantan, Kota Siak Sri Inderapura, Selasa (19/12/2017) mendadak kaget saat kecelakaan menimpa perahu Tim Baboko D'Lounge Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Riau.

Pantauan FokusRiau.Com, usai menembus garis finish di urutan kedua, tetiba 12 pendayung tim Baboko langsung terjun ke sungai. Itu terjadi, karena perahu mereka terbalik. Padahal, saat itu arus tak begitu kuat. Kondisi air Sungai Siak juga terlihat tenang. 

Seketika penonton berteriak dan sebagian lainnya berlari ke arah finish untuk melihat dari dekat kecelakaan perahu yang dalam saat bersamaan sedang berlangsung salat zuhur. 

Suara imam dari mikrofon Masjid Syahbudin yang berada sekitar 200 meter dari lokasi perlombaan masih jelas terdengar. Memang saat azan berkumandang, perlombaan sempat ditunda dan dilanjutkan kembali untuk Race kelima. 

"Itulah, orang di masjid masih salat, kok perlombaan dimulai lagi. Harusnya selesai dulu salat, baru mulai lagi. Tuah Sungai Siak tu banyak, makanya jangan sembarangan," celoteh seorang nenek yang kebetulan berada dekat FokusRiau.Com saat kejadian itu. 

"Iya juga ya, tak ada ombak tak ada arus kok tiba tiba perahu ada yang terbalik," timpal penonton lainnya. 

Sementara itu, di Sungai Siak terlihat tim BPBD Siak, Satpol Air Polres Siak dan panitia berupaya mengevakuasi atlet Tim Baboko. Semuanya selamat.  Kepada wartawan, salah seorang atlet dayung Tim Baboko D'Lounge Buluh Cina mengaku kaget dengan peristiwa itu. Dia juga heran, kenapa tiba tiba dayungnya terbalik usai masuk finish. 

"Tiba tiba saja perahu oleng. Padahal sejak start tak ada masalah. Mungkin kurang seimbang, atau ada faktor lainnya saya kurang paham juga," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni juga kaget dengan kejadian itu. Dia berjanji akan melakukan evaluasi terhadap semua persoalan yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan wisata itu. 

"Kalau hal teknis, mungkin panitia yang lebih paham kenapa ada perahu yang terbalik. Tapi persoalan waktu kegiatan, dimana saat salat zuhur masih berlangsung perahu sudah dilepas lagi, ini yang akan kita evaluasi malam nanti," ulasnya menjawab FokusRiau.Com.

Dia berharap, kegiatan olahraga yang bertujuan menarik minat wisatawan datang ke Negeri Istana itu bisa berjalan dengan aman dan lancar.  "Tentu dengan kegiatan Serindit Boat Race ini dapat mendorong wisatawan datang ke Siak, dan juga bwrdampak positif terhadap ekonomi masyarakat," tukasnya. (satria donald)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus