Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Sah, Liverpool Juara Liga Inggris setelah 30 Tahun Dalam Penantian

Jumat, 26 Juni 2020

Pemain Liverpool merayakan kemenangan. (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)

PADANG–Penantian panjang Liverpool akhirnya berhenti juga. Klub asuhan Juergen Klopp itu akhirnya mengunci gelar Premier League musim ini. Itu terjadi setelah Manchester City takluk 1-2 oleh Chelsea.

Dengan begitu, secara matematis Liverpool tak mungkin lagi dikejar meski selalu kalah dalam tujuh pertandingan sisa musim ini. Sebab, sekarang mereka telah mengoleksi 86 poin dari 31 pertandingan. Sedangkan City baru 63 poin dari 31 laga.

Itu artinya, meski Liverpool selalu kalah dalam tujuh laga sisa, dan City selalu menang dalam tujuh laga sisa, puncak klasemen Premier League tidak akan berubah. Bagi Liverpool, ini gelar yang sangat dinantikan. Selama 30 tahun lamanya mereka puasa gelar Premier League. Puasa gelar selama 30 tahun, plus liga sempat tertunda karena pandemi korona.

Kali terakhir Liverpool menjuarai Liga Inggris terjadi pada 1989-1990. Saat itu, mereka dilatih Kenny Dalglish. Selain sosok terakhir yang mampu membawa Liverpool juara di Liga Inggris, Dalglish juga sosok yang mampu juara di Liverpool sebagai pemain dan pelatih.

Saat juara pada 1989-1990, Liverpool unggul sembilan angka atas pesaing terdekatnya, Aston Villa. Sayang, ketika era Premier League dimulai, Liverpool seperti dikutuk tak bisa juara. Kini, di bawah arahan Klopp, Liverpool berpesta setiap musim.

Ya, musim lalu mereka menjuarai Liga Champions. Mereka juga menyabet gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Namun, semuanya lebih lengkap setelah Klopp mampu membawa Liverpool menjuarai Premier League untuk kali pertama dalam tiga dekade.

Dan, pesta itu terjadi ketika City takluk oleh Chelsea dini hari ini WIB. Bermain di Stamford Bridge, City sepertinya biasa mampu menguasai bola. Namun, mereka malah kebobolan lebih dulu pada menit ke-36 melalui Christian Pulisic. Sempat menyamakan skor pada menit ke-55 melalui Kevin de Bruyne, tapi akhirnya kalah oleh gol penalti Willian pada menit ke-78. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Jawapos.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus