Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Saluran Pipa Bawah Tanah SPBU Meledak, 3 Rumah Rusak

Jumat, 03 Mei 2013


PADANG-Sebanyak tiga unit rumah rusak, akibat terkena ledakan dari saluran pipa bahan bakar minyak bawah tanah dari SBPU di kawasan Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Padang, Sumatera Barat.

Berdasarkan keterangan saksi, peristiwa ledakan itu diduga akibat adanya kebocoran saluran pipa BBM bawah tanah di SPBU yang berada di daerah Marapalam. "Ketiga rumah mengalami kerusakan pada plafon rumah dan dinding rumah juga mengalami keretakan akibat ledakan saluran pipa tersebut," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam kebakaran, Edi Asri di Padang, Jumat (3/5).

"Pemilik tidak mengetahaui tentang kebocoran saluran pipa BBM bawah tanah, sehingga ketika terjadi ledakan yang mengakibatkan dua unit rumah rusak," tambah Edi.

Ledakan itu tidak menimbulkan kebakaran dan korban jiwa. Damkar Kota Padang telah melimpahkan kasus tersebut kepada kepolisian. "Saat ini SPBU di Marapalam yang menjadi sumber ledakan sudah pasang garis polisi untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan," papar Edi Asri.

Sementara Anton, salah seorang karyawan PT Lautan Buana yang membawahi SPBU tersebut menyatakan, ledakan akibat kebocaran pipa BBM bawah tanah terdengar sangat keras, warga yang berada di sekitar lokasi langsung keluar rumah. "Akibat ledakan tersebut dinding rumah mengalami keretakan serta plafon rumah rusak, dimana rumah sangat dekat dengan SPBU tersebut," katanya.

Dikatakan, Damkar langsung datang ke lokasi begitu menerima informasi dari warga dan langsung melarang pemilik rumah untuk memasak, karena bau minyak masih terasa di sekitar lokasi. "Saat ini, pemilik rumah tidak dibolehkan memasak untuk menghindari terjadinya kebakaran," tukasnya. (ans/deb)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus