Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Sampai November, BAZ Rohul Kumpulkan Zakat Rp2,268 M

Selasa, 27 November 2012


PASIR PENGARAYAN-Badan Amil Zakat Rokan Hulu sampai pertengahan November sudah berhasil mengumpulkan zakat sekitar Rp2,268 miliar. Jumlah zakat tersebut masih kurang dari target tahun ini sebanyak Rp2,5 miliar. Namun demikian, Ketua BAZ Rokan Hulu, Sam Ricardo tetap optimistis Desember nanti target pengumpulan zakat tahun ini senilai Rp2,5 miliar akan dapat terealisasi.

"Hingga bulan ini jumlah zakat yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp2,268 miliar. Insya Allah, akhir tahun ini target yang diharapkan bisa tercapai bahkan bisa bertambah menjadi 2,6 miliar," kata Sam Ricardo, kepada wartawan usai rapat pembahasan program penyaluran zakat produktif di Kantor BAZ Pasir Pangaraian, Selasa (27/11).

Untuk program BAZ dalam menyalurkan zakat produktif tahun ini, menurut Sam, baru bisa terealisasi 80 persen atau sebanyak 154 orang penerima yang berada di desa dan kelurahan di Rokan Hulu. Sisanya sekitar 20 persen atau 45 orang penerima zakat akan dituntaskan akhir Desember nanti.

"Sisa penerima zakat yang belum mendapatkan zakat sebanyak 45 orang dengan penyalurannya senilai Rp5 juta untuk masing-masing penerima diharapkan dapat tersalurkan sampai akhir 2012, termasuk penyaluran beasiswa yang juga akan dituntaskan akhir tahun ini," kata Sam Rikardo.

Dijelaskan, bantuan zakat sengaja tidak diberikan dalam bentuk uang dan hanya berupa bantuan modal usaha yang dibutuhkan penerima, seperti bantuan peternakan, perikanan, tambahan barang usaha dan lainnya. Karena jika diberikan berupa uang, ditakutkan ada penyelewengan terhadap bantuan yang diberikan.

Sejauh ini, zakat produktif yang disalurkan BAZ masih ada yang belum berjalan dengan baik, seperti penyaluran bantuan zakat kepada 10 pengusaha batu bata. Saat ini baru delapan pabrik yang berhasil, sedangkan bantuan peternakan, baru 60 persen yang berhasil disalurkan. Sedangkan bantuan yang diberikan kepada pedagang barang harian, rata-rata berkembang dengan baik.

"BAZ Rokan Hulu akan terus berupaya memberiakan bantuan kepada masyarakat miskin yang membutuhkannya dan akan berupaya mensosialisasikan kepada masayarakat akan pentingnya zakat," tukasnya. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus