Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

Sampaikan LKDP 2017 Pemkab Siak ke BPK RI, Plt Bupati Alfedri: Tahun Ini Lebih Cepat!

Jumat, 16 Maret 2018

Plt Bupati Siak Alfedri menandatangani berita penyerahan LKDP. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Plt Bupati Siak Alfedri bersama Sekretaris Daerah TS Hamzah menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Siak tahun anggaran 2017, Kamis (15/3/2018) kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau di Gedung BPK RI jalan Sudirman Pekanbaru. Berkas laporan diterima Kepala BPK RI perwakilan Riau Herry Purwaka.

Plt Bupati Alfedri dihadapan pimpinan BPK mengatakan, atas nama Pemkab Siak telah menyampaikan laporan keuangan tahun anggaran 2017. Laporan tersebut sudah disiapkan sebaik mungkin bersama tim. "Alhamdulillah dari sisi waktu, kita lebih cepat menyampaikan laporan keuangan, tidak seperti tahun sebelumnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua tim yang menyiapkan dokumen laporan ini secara tepat waktu," ujar Alfedri. 

Ditambahkan, biasanya laporan LKPD disampaikan akhir Maret, namun tahun ini lebih cepat dari sisi waktu. Laporan yang disajikan terdiri dari realisasi pendapatan dari target Rp1,9 triliun sebesar Rp1,791 triliun atau sebesar 93 persen. 

Kekurangan saldo terjadi karena dana bagi hasil (DBH) untuk triwulan IV tidak ditransper pemerintah pusat. Dari sisi realisasi belanja tahun 2017 dari target anggaran Rp1,7 triliun terrealisasi Rp1,630 triliun sama dengan 90,7 persen. 

"Laporan sudah kita sampaikan dan kita siap untuk mengikuti audit terperinci yang akan dilaksanakan tim BPK RI. Kepada OPD diminta untuk mendukung tim audit berkaitan dangan data-data yang dibutuhkan," imbau Alfedri.

Sementara Kepala BPK perwakilan Riau Herry Purwaka mengatakan, laporan didasari UU Nomor 17/2003 tentang Keuangan Negara serta UU nomor 1/2004 tentang perbendaharaan negara. Dia mengingatkan, pemerintah daerah yang lain untuk segera menyerahkan LKPD tahun 2017 tepat waktu seperti yang telah dilakukan oleh Pemkab Indragiri Hulu, Pelalawan dan Siak.

"Untuk Kabupaten Siak, sebelumnya kami juga sudah melakukan pemeriksaan intrim dan dalam waktu dekat kami akan kembali ke Siak untuk melakukan pemeriksaan terperinci atas laporan tahun 2017," tuturnya. 

Dijelaskan, tindak lanjut LKPD yang dilakukan BPK terhadap laporan keuangan Pemkab Siak, nilainya masih tinggi dibandingkan kabupaten lain. "Kami berterimakasih kepada Pemkab Siak yang telah menyampaikan LKPD lebih cepat dari tahun sebelumnya. Saya berharap, dalam waktu dekat tim segera mulai melakukan pemeriksaan dan pimpinan OPD mohon dibantu, baik berupa data dan wawancara," tukasnya. (satria donald)
 
 
Plt Bupati Siak Alfedri menyerahkan LKDP kepada Kepala BPK perwakilan Riau. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
 
Plt Bupati Siak Alfedri bersama sejumlah pejabat rapat dengan BPK perwakilan Riau menjelang penyerahan LKDP. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
 
Plt Bupati Siak Alfedri berbincang dengan Kepala BPK perwakilan Riau. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
 
Plt Bupati Siak Alfedri berbincang dengan Kepala BPK perwakilan Riau. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus