Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Santai Merokok dalam Pesawat, Penumpang Citilink Terpaksa Diturunkan!

Senin, 26 Februari 2018

Penumpang Citilink terpaksa diturunkan. (Foto:Ilustrasi)

PEKANBARU-Sikap tak wajar ditunjukkan seorang penumpang dalam pesawat yang akan terbang ke Bali, Minggu (25/2/2018) malam. Pria tersebut dengan santainya merokok di pesawat tanpa merasa bersalah. Petugas terpaksa menurunkan seorang penumpang penerbangan terakhir pesawat Citilink, karena kedapatan merokok saat pesawat tengah mengisi bahan bakar.

"Bapak tidak bisa ikut penerbangan ini," ucap seorang petugas.

"Enak aja. Saya salah apa, Pak?" jawab pria tersebut.

Petugas yang lain pun turut menegurnya lantaran pria itu terus melawan.

Perdebatan kemudian terjadi cukup lama dan melibatkan banyak petugas untuk memintanya turun dari pesawat. Namun pada akhirnya, para petugas berhasil membuatnya meninggalkan tempat duduk dan menggiringnya keluar.

Video kejadian ini diunggah ke Facebook oleh seorang pria bule yang merekamnya melalui akunnya bernama Manuel Buchacher, Minggu (25/2/2018).

Empat jam sebelum mengunggah video tersebut, Manuel menginformasikan dirinya sedang berada di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Hal tersebut ia perlihatkan melalui fitur story Instagram yang ia unggah di akun pribadinya bernama @bantoine2.

"This guy was smoking in the plane before we take off to bali.

What u learn from that? Better listen to the rules haha. Ig:bantoine2.

(Pria tersebut merokok di dalam pesawat sebelum pesawat lepas landas ke Bali.

Apa yang dapat kamu pelajari dari kejadian tersebut? Dengarkan peraturan haha)," tulis Manuel sebagai keterangan video.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, dalam keterangan tertulisnya Corporate Communication Citilink Benny Butar Butar mengungkapkan kronologi kejadian tersebut. "Kejadian ini bermula ketika kami mendapatkan informasi mengenai seorang penumpang yang masih merokok saat menuju pesawat penerbangan terakhir Citilink tujuan Halim-Denpasar dengan kode penerbangan QG 156 yang sesuai jadwal penerbangan dilakukan pukul 21.35 WIB," ujar Benny Butar Butar melalui keterangan tertulis, Senin (26/2/2018).

Dikatakan, penumpang tersebut tetap merokok saat hendak menaiki tangga pesawat. Di saat bersamaan, pesawat sedang mengisi bahan bakar avtur (refueling) dan posisinya dekat dengan engine.

Menurut Benny, kondisi tersebut sangat mengancam dan membahayakan penerbangan, khususnya keselamatan dan keamanan penerbangan. Mendengar laporan tersebut, menurut Benny, aviation security (avsec) atau petugas keamanan bandara segera mengambil tindakan. "Saat penumpang memasuki pesawat dan duduk dibangkunya, tidak lama datang petugas keamanan bandara bersama pihak Citilink meminta penumpang untuk turun," ujarnya.

Saat diminta turun, tambah Benny, penumpang sempat menolak, bahkan terlibat adu mulut dengan petugas. "Perilakunya jelas-jelas dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan. Dalam industri airlines, kami harus bisa memastikan tidak ada satu pun aturan keselamatan yang dilanggar sehingga operasional penerbangan dapat berjalan dengan aman, lancar, dan nyaman," ujarnya. (boy surya hamta) 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus