Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Sapi Terkena Cacing Hati, Amankah untuk Dikonsumsi?

Sabtu, 02 September 2017

Cacing pada hati sapi. (Foto: Republika)

PEKANBARU-Saat hari raya kurban, cerita tentang cacing pada organ tubuh ternak, khususnya untuk kurban cukup membuat khawatir. Lantas, amankah amankah dagingnya untuk dikonsumsi?

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan, cacing hati merupakan hal yang biasa terdapat pada hewan ternak. Cacing ini juga tidak berbahaya terhadap daerah tubuh sapi lainnya.

"Cacing hati itu sebenarnya suatu kebiasaan. Itu kebiasaan hidup sapi, tapi itu tidak berbahaya. Cacing hati juga tidak menular," jelas I Ketut Diarmita, Sabtu  (2/09/2017).

Menurut I Ketut, meskipun terdapat cacing hati pada ternak, daging sapi tetap layak di konsumsi oleh masyarakat. "Sangat aman dagingnya untuk dikonsumsi," ujarnya.

Agar terhindar dari cacing hati, masyarakat cukup membuang hatinya. Sementara dagingnya bisa dan layak untuk dikonsumsi. "Asal jangan antraks saja. Antraks itu dikita merupakan penyakit menular hewan strategis," tuturnya dikutip fokusriau.com dari okezone.com(andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus