Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Satreskrim Polres Dumai Tangkap Jambret, Begini Cara Kerjanya!

Minggu, 11 Maret 2018

Kapolres AKBP Restika PN memberikan keterangan pers. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Sateskrim Polres Dumai menangkap satu dari dua pelaku jambret. Pelaku diketahui berinisial JS (22) warga Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Dumai, Riau. Dalam aksinya, JS berperan sebagai pengemudi sepeda motor.

Sementara, rekan berinisial PL yang berperan sebagai eksekutor setiap kali beraksi kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Kapolres Dumai AKP Restika PN didampingi Kasat Reskrim AKP Awalludin Syam menjelaskan, kejadian berlangsung Minggu (25/2/2018) lalu sekira jam 23.00 WIB. Saat itu, pelapor dan saksi berada di Jalan Janur Kuning hendak pulang ke rumahnya di Jalan Bumi Ayu. 

Saat di jalan, pelapor dan saksi dijambret dua pemuda yang datang menggunakan sepeda motor. Tas pelapor berisi uang senilai Rp560.000 dan Smartphone Lenovo hitam raib dibawa kabut. Akibatnya, korban mengalami kerugian Rp3.000.000 dan langsung melaporkan ke Mapolsek Dumai Timur.

"Berdasarkan laporan tersebut dan informasi dari seorang penadah, pelaku berhasil diamankan di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Rabu (7/3/2018) kemarin," ungkap AKBP Restika, kemarin.
 
Modus operandinya, tersangka berjalan mencari target kemudian mendapatkan target. Saat itu, tersangka langsung mendekati target dan tersangka yang dibelakang langsung menarik paksa tas target.

"Pelaku memasang target wanita yang menggunakan tas saat berkendara. Saat target sedang lengah dan dengan melihat kesempatan tersebut, pelaku langsung melancarkan aksinya," tambah AKP Awalludin.

Tersangka JS, menurut AKP Awalludin, telah melakukan aksinya enam kali. Dimana empat aksi yang dilakukannya (berhasil) dan dilakukan di Jalan Janur Kuning, Jalan Tegalega Depan Alfamart, Jalan Kelakap 7 Depan Terminal dan Jalan Ombak depan Viva. Sedangkan dua aksinya yang gagal adalah di Jalan Dock Yard dan Purnama.  

Sekarang, pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mapolres Dumai. "Akibat perbuatannya, tersangka akan dikenakan oasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara," tukasnya. (dika cahaya putra)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus