Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Satu-satunya di Riau, Dinas Pendidikan Dumai Selesaikan PMP Online 100 Persen

Jumat, 23 Maret 2018

Wawako Eko Suharjo (kiri) menerimapiagam penghargaan dari LPMP. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Riau meraih prestasi membanggakan. Dari 12 Disdikbud di Riau, hanya Kota Dumai yang mampu menyelesaikan input data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Online 100 persen tahun 2017.

Karena itulah, Disdikbud Dumai kemudian diganjar penghargaan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau. Penghargaan itu langsung diserahkan kepada Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo oleh Kepala LPMP Riau Mulyatsyah, Kamis kemarin usai pembukaan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Aula Disdikbud, Jalan Tanjung Jati, Dumai.

"Penghargaan itu diberikan kepada Disdikbud Dumai atas pencapaian progress input data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Online 100 persen, dalam program sistem penjaminan mutu pendidikan (SPMP) tahun 2017," ujar Kepala LPMP Riau Mulyatsyah.

Sementara itu, Eko Suharjo yang menerima penghargaaan tentunya bangga atas prestasi Disdikbud Dumai. "Ini salah satu bukti Nyata, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kita bekerja. Dengan diraihnya penghargaan ini, saya berharap menjadi Motivasi buat Disdikbud Dumai agar berbuat yang lebih baik lagi demi Kemajuan Pendidikan di kota yang kita cintai ini. Ini diharapkan semakin meningkatkan mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikan yang ada," harap Eko.

Sedangkan Kabid SD Disdikbud Dumai Dedi didampingi Kasi Sarpras SD Ali Ibnu Amar menyebutkan, Disdikbud Dumai satu-satunya Dinas Pendidikan di Riau yang mampu menyelesaikan input data PMP Online 100 persen dalam program sistem penjaminan mutu pendidikan (SPMP) pada tahun 2017.

Dijelaskan, Penyusunan peta mutu diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan, sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk mencapai dan bahkan melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Dalam konsep Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP), peningkatan mutu pendidikan harus dilaksanakan dengan berbasis data yang telah dianalisis dengan akurat dan benar. Analisis data ini kemudian menghasilkan rekomendasi yang dapat digunakan sebagai base-line data untuk dasar merencanakan kegiatan dan program peningkatan mutu secara proporsional, akurat dan berkelanjutan.

Sekolah/Madrasah adalah pelaku utama dalam proses penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Salah satu alat untuk mengkaji kemajuan peningkatan mutu sekolah secara komprehensif yang berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah Evaluasi Diri Sekolah (EDS). EDS sebagai salah satu komponen SPMP diharapkan dapat membangun semangat dan kultur penjaminan dan peningkatan mutu secara berkelanjutan.

Hasil pemetaan mutu pendidikantersebut selanjutnya akan dianalisis untuk dapat menghasilkan peta mutu dan rekomendasi program peningkatan mutu yang tepat sebagai upaya pemenuhan delapan SNP tingkat sekolah. Berbagai rekomendasi yang dirumuskan berdasarkan hasil analisis pemetaan mutu pendidikan kemudian perlu dituangkan kedalam Rencana Kerja Sekolah (RKS), untuk jangka waktu menengah, dan RKAS (Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah) yang merupakan jangka pendek setiap tahun. (dika cahaya putra)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus