Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

SDN 001 Pantai Raja Kampar Minta Pemerintah Buat Zona Selamat Sekolah

Selasa, 25 Juli 2017

SDN 001 Pantai Raja butuh zona selamat sekolah. (Foto:Zoel/FokusRiau.Com)

KAMPAR-Keberadaan Zona sekolah atau yang lebih dikenal sebagai Zona Selamat Sekolah (Zoss) merupakan kawasan yang berada di sekitar sekolah. Ini perlu untuk mengendalikan lalu lintas kendaraan, terutama kecepatan, parkir, menyalib, pejalan kaki yang menyeberang jalan di areal sekolah. 

Pengendalian tersebut perlu dilakukan, mengingat banyak anak-anak sekolah yang berjalan kaki menuju sekolah atau hendak menyeberang menuju sekolahnya. Bila zona sekolah tersebut tidak dibuat pemerintah pada sekolah yang berada di pinggir jalan, tentu akan mengundang kecelakaan.

Seperti halnya di SDN 001 Pantai Raja, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Riau. Sekolah yang memiliki sekitar 300 murid tersebut terletak di KM 26 dan di pinggir jalan utama atau jalan lintas provinsi. Tentu saja, tanpa adanya zona selamat sekolah akan sangat rentang terhadap keselamatan para muridnya.

"Karena itu, kami minta bantuan pemerintah melalui Dinas Perhubungan untuk membantu membuatkan zona selama sekolah di SDN 001 Pantai Raja. Karena sekolah ini membutuhkannya demi mencegah terjadinya kecelakaan," ujar Kepala SDN 001 Pantai Raja Muslim S.Pd kepada fokusriau.com, Senin kemarin.

Menurutnya, Zona Selamat Sekolah akan sangat bermanfaat dalam membantu mengatur kecepatan kendaraan di area depan sekolah. Penggunaan rekayasa lalu lintas seperti rambu lalu lintas dan marka jalan serta pembatasan kecepatan, akan membantu meningkatkan perhatian pengemudi terhadap penurunan batas kecepatan di Zona Selamat Sekolah dan memberikan rasa aman kepada para murid yang akan menyeberang jalan menuju sekolahnya.

"Karena itu, kita sangat berharap pemerintah bisa segera membuat zona selamat sekolah di sini," harapnya.

Diketahui, tujuan penerapan Zona Selamat Sekolah adalah mendidik masyarakat sekitar sekolah selaku pengguna jalan, untuk memberi hak jalan kepada pejalan kaki dan sepeda secara umum serta bagi murid khususnya. Selain itu, tujuan Zona Selamat Sekolah untuk mendidik anak sedini mungkin agar taat hukum, beretika dan berempati dalam berlalu lintas di jalan dan menjaga lingkungan serta memotivasi guru atau orangtua murid untuk menjadi panutan anak dalam tertib berlalu lintas. (zoel iman)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus