Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Sebagai Partai Pengusung, Hanura Sebut Sosok Berikut Layak Menjadi Wabup Siak

Selasa, 03 Juli 2018

Ketua Partai Hanura Kabupaten Siak Ariadi Tarigan. (Foto:Istimewa)

SIAK-Partai Hanura merupakan salah satu parpol yang turut mengusung pasangan Syamsuar-Alfedri di Pilkada Siak tahun 2015 lalu. Kendati tidak ikut mengusung paslon Syamsuar-Edi Natar Nasution di Pulgub Riau, namun kontribusi Hanura untuk mengantarkan calon petahana kembali memimpin Siak periode 2016-2021 tak bisa diabaikan.

Ketua Hanura Siak Ariadi Tarigan mengaku belum bisa memastikan apakah dirinya ikut bersaing mendapatkan posisi Wakil Bupati Siak. Namun demikian, Hanura mengusulkan agar posisi Wabup Siak itu diisi tokoh Siak yang berkualitas dan berpengalaman, khususnya di birokrasi.

"Hanura adalah partai terbesar kedua yang mengusung pasangan Syamsuar-Alfedri di Pilkada Siak 2015. Pertama PAN (5 kursi), Hanura (3), PKS (2), Nasdem dan PKPI masing-masing 1 kursi. Kalau Ketua PAN yang dijabat Alfedri sudah menduduki jabatan Bupati mengantikan Pak Syam. Tentu untuk posisi Wabup-nya menjadi jatah Hanura," ujar Ariadi menjawab FokusRiau.com, Selasa (3/7/2018).

Meski Ariadi menyatakan pikir-pikir dulu untuk mendapatkan jabatan Wabup, anggota DPRD Siak ini sudah menyiapkan tiga nama yang dinilai pantas mendampingi Alfedri sampai 2021. Di antaranya, Kadis Sosial Siak Nurmasyah, Sekdakab Siak Tengku Said Hamzah dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan.

"Pak Nurmasyah, Pak Sekda dan Ketua DPRD Siak ini merupakan orang yang layak menempati jabatan Wabup Siak. Kita dari Hanura akan memperjuangkan satu dari ketiga tokoh ini akan dipilih sebagai Wabup Siak definitif. Saya akan kawal terus sampai pemilihan di dewan," ujarnya.

Anggota KPU Siak Sariman mengatakan, KPU tidak memiliki kewenangan untuk mengatur tata cara pemilihan jabatan untuk Wabup Siak. Sebab, hal itu menjadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri. 

Dijelaskan, PAN dan PKS merupakan dua partai yang konsisten mendukung Syamsuar di Pilkada. Bahkan, sejak Pilkada tahun 2006, 2011 dan 2015, PKS selalu mengusung Syamsuar. Sementara PAN juga ikut mengusung pasangan Syamsuar - Alfedri di Pilkada Siak tahun 2011 dan 2015. Bahkan, kedua partai ini juga mengusung pasangan Syamsuar - Edi Nasution di Pilgub Riau.

"Kalau jabatan Wabup, tentu tim koalisi saat Pilkada Siak yang lebih berwenang. Sesuai data yang kita miliki, PAN, Hanura, PKS, Nasdem dan PKPI adalah parpol yang mengusung Syamsuar - Alfedri di Pilkada Siak 2015 lalu," ujarnya menjawab FokusRiau.com, Selasa (3/7/2018) siang. (*)
 
 
 
 
Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus