Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Sebarkan Hoax Gempa di Facebook, Warga Pekanbaru Ini Tak Ditahan Polda Riau

Jumat, 05 Oktober 2018

Malini. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Riau tidak melakukan penahanan tersebut warga Pekanbaru bernama Malini. Sebelumnya, Malini diring ke Polda Riau, karena sudah menyebar informasi hoax soal gempa besar melalui akun Facebooknya. 

"Pelaku Malini sudah dua kali kita mintai keterangan, terkait penyebaran hoax soal gempa. Namun pelaku tidak dilakukan penahanan," kata Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setyawan, Jumat (5/10/2018).

Menurut Gidion, penangkapan tersangka ini menindak lanjuti dari Bareskrim Polri tentang dugaan penyebaran informasi hoax gempa Palu. "Pelaku dalam postingannya di grup FB, mengkaitkan gempa di Palu dengan akan terjadi di provinsi lainnya. Dia telah membuat kerasahan di media sosial," kata Gidion.

Berikut sepenggal postingan pelaku:

Gempa demi gempa saling bersahutan di berbagai provinsi. Ini utk saling mengingatkan agar bertobatlah penghianat negara dan karna prediksi BMKG JAKARTA dan Jawa sekitarnya akan terjadi gempa susulan dg kekuatan 8,6 tetapi tidak tau kapan terjadinya persiapan utk siaga saja.....Dan berdoa semoga selamat dari bencana ini

"Tersangka dengan sengaja mengkaitkan gempa di Palu yang akan terjadi di sejumlah provinsi lainnya. Postingan di grup FB itu jelas sudah membuat keresahan," kata Gidion.

Menurut Gidion, untuk melengkapi berkas perkara ini, pihaknya sudah memintai sejumlah keterangan saksi. "Selain tersangka kita mintai keterangan, saksi lainya juga sudah kita periksa. Ini untuk melengkapi penyidikan," tukasnya. (*)








Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Detikcom


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus