Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Sebelum Pencairan ADD, Kades Harus Lakukan Verifikasi

Rabu, 03 April 2013


PASIR PENGARAYAN-Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Rokan Hulu, Bhudia Kasino melalui Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa, Irdala Suarni mengatakan, salah satu syarat pencairan alokasi dana desa atau ADD, setiap kepala desa harus mengajukan proposal dan dilakukan verifikasi oleh BPMPD Rokan Hulu.

Tahun ini, besaran ADD yang diberikan bervariasi antara Rp300 juta sampai Rp500 juta. "Verifikasi rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk memastikan pengajuan usulan pencairan dana tersebut sesuai peruntukannya dan tertulis dalam RAPBdes," kata Irdala Suarni kepada wartawan, Rabu (3/4).

Menurutnya, untuk proses verifikasi diberikan waktu dua minggu dimulai sejak 1 April lalu. Sedangkan persyaratan verifikasi Ranperdes tentang RAPBDesa, berupa berita acara dari kecamatan, Perdes tentang RPJMDesa dan lampirannya Selain itu harus ada keputusan kepala desa tentang RKPDesa tahun anggran 2013 berikut lampirannya.

Syarat lain, kata Irdala, keputusan BPD tentang RAPBDes tahun anggaran 2013 dan Perdes tentang PAD desa. Dalam verifikasi tersebut, yang harus diperhatikan adalah persentase penggunaan anggran yang harus disesuaikan dengan ketentuan, yakni 30 persen harus digunakan untuk pembayaran gaji aparatur desa dan 70 persen untuk pemberdayaan desa.

Dikatakan, verifikasi harus dihadiri masing-masing kepala desa, sekretaris desa, bendahara dan Ketua BPD. "Verifikasi merupakan tahapan rutin sebelum pencaiaran dana ADD. Setelah lolos verifikasi, baru bisa dilakukan pencairan ADD," papar Irdala.

Dikatakan, untuk pencairan tahap awal akan dicairkan sebesar 60 persen dari total ADD yang ditetapkan Pemkab Rokan Huu untuk setiap desa. Nantinya, nilai ADD akan bervariasi dan disesuaikan dengan jumlah penduduk dan jarak orbitasi dari ibukota kabupaten.

Tahun ini, desa yang mendapat ADD sebesar Rp300 juta hanya tiga desa, karena desa tersebut merupakan desa yang baru dimekarkan, yakni Desa Sei Mandian, Desa Kepenuhan Makmur dan Desa Kepenuhan Sejati. "Untuk tahap awal akan dicairkan 60 persen dari total keseluruhan anggaran yang telah ditetapkan pemerintah," tukasnya. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 17 September 2019 - 20:10:50 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:23:19 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:04:32 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 15:42:31 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 12:38:08 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus