Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Sejumlah Kader Muda Mendominasi Bacaleg PKB Bengkalis

Rabu, 24 April 2013


BENGKALIS-Sejumlah kader muda mendominasi daftar bakal calon legislatif atau bacaleg Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Bengkalis. Senin (22/4) lalu, PKB Bengkalis telah menyerahkan daftar calon sementara kepada KPU Bengkalis dan dari berkas yang diserahkan terlihat caleg PKB pada semua daerah pemilihan atau Dapil didominasi kader muda.

"Komposisi bakal caleg PKB berusia muda mencapai 65 persen. PKB memang memprioritaskan kader muda untuk diusung sebagai calon anggota dewan. Meski begitu, mereka yang dicalonkan sudah melalui seleksi internal partai," papar Fungsionaris PKB, Riza Zuhelmy yang mendaftar sebagai bakal caleg PKB untuk Dapil Bengkalis III Kecamatan Pinggir, Rabu (24/4).

Beberapa kader muda PKB yang telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif DPRD Bengkalis pada Pemilu 2014 mendatang, di antaranya Ketua PKB Bengkalis, Misliadi dan Sekretarisnya, Almi Husni. Misliadi dan Almi Husni masih tercatat sebagai anggota DPRD Bengkalis dan masing-masing akan kembali maju sebagai bacaleg Dapil Bengkalis VI (Rupat/Rupat Utara) dan Dapil IV (Mandau).

Selain itu, masih ada tokoh senior PKB Bengkalis lainnya, seperti Basri yang pada Pemilu 2014 kembali mencalonkan diri sebagai bakal caleg PKB untuk Dapil Bengkalis I (Bengkalis/Bantan). Basri sebelum pernah menjadi anggota DPRD Bengkalis setelah PAW menggantikan Sarwan Antoni pada Pemilu 2004-2009 lalu.

Meski PKB dalam menempatkan kadernya sebagai caleg di sejumlah Dapil adalah kader yang selama ini duduk sebagai anggota dewan, namun tak sedikit wajah-wajah baru dan masih muda yang tampaknya berpartisipasi dan mencoba mengadu nasib menjadi caleg partai yang kini dipimpin Muhaimin Iskandar itu. Para kaum muda yang terjun ke politik dan maju sebagai bakal caleg ini, umumnya aktivis muda yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan pembangunan.

"Karena bakal calegnya muda-muda, PKB yakin partai ini akan diminati pemilih pemula yang jumlahnya di Bengkalis kurang lebih mencapai 50.000 jiwa. Strategi terhadap pemilih pemula juga akan terus dilakukan di masing-masing Dapil dengan pendekatan sesuai dengan karakter pemilih pemula yang ada di masing-masing Dapil tersebut," kata Riza.

Ditambahkan, untuk mendapatkan suara signifikan pada Pemilu nanti, pihaknya berupaya melakukan strategi pembangunan jaringan berbasis TPS. Hal ini untuk memastikan agar PKB dan caleg-calegnya mendapatkan suara yang merata dan memenuhi kuota BPP. "Pengorganisiran masyarakat membangun komitmen politik partisipatif, melibatkan masyarakat dan membangun alat perjuangan masyarakat seperti petani, buruh, pedagang, pemuda, mahasiswa dan lain-lain. Alat perjuangan ini akan menjadi mesin pengolah aspirasi yang mampu berjalan dan berkembang setiap saat, khususnya masa depan," katanya. (dal)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus