Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Sejumlah Perusahaan Sawit di Pelalawan Minati Klep Penyambung Tangkai Panen Sawit

Senin, 28 Mei 2018

Klep penyambung alat panen sawit. (Foto:Tengku Arjan/FokusRiau.Com)

PELALAWAN-Pemenang Posyantek tahun 2017, Bina Karya dengan penemuan alatnya berupa klep penyambung tangkai panen sawit saat ini sangat diminati sejumlah perusahaan sawit di Pelalawan. Alat tersebut terbukti berguna untuk memanen sawit dengan ketinggian mencapai 15 meter. 

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Pelalawan Zamur didampingi Arifin Azmi, sang penemu alat, akhir pekan lalu di Pangkalan Kerinci.

"Saat ini kita sedang membantu Posyantek Bina Karya binaan BPMPD untuk membuat hak paten, karena sudah banyak pesanan dari perusahaan untuk alat tersebut," ujar Zamur.

Sementara itu, Arifin sang penemu mengatakan, alat tersebut sangat praktis dan kuat dalam memanen sawit sampai ketinggian 15 metet dengan beban yang berat. "Dengan menyambung pipa besi dengan berbagai diameter dan panjang tertentu menggunakan klep yang kita buat, maka sambungan tersebut akan sangat kuat. Tentunya terlebih dahulu harus memutar pipa ke kiri atau ke kanan sebagai penguncinya," urai Arifin.

Alat tersebut dijual antara Rp75.000 sampai Rp100.000 sesuai dengan besar kecil klep. "Sekarang kita di Posyantek Bina Karya bekerja sama dengan BUMdes sedang membuat klep tersebut untuk memenuhi pesanan dari perusahaan. BUMdes dibutuhkan sebagai penyandang dana dengan cara keuntungan dibagi," kata Arifin. (*)
 
 
 

Penulis: Tengku Arjan
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus