Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Sekarang Anda Bisa Mencegah Mata Minus dengan 10 Hal Berikut Ini

Selasa, 07 Mei 2019


PEKANBARU-Mata minus atau rabun jauh mempunyai istilah medis miopia. Kondisi itu akan membuat Anda kesulitan saat melihat benda jarak jauh. Kini, mata minus sudah banyak dialami oleh anak-anak yang masih terbilang muda, bahkan ada yang masih berusia di bawah 10 tahun.

Biasanya, hal ini terjadi akibat kebiasaan buruk anak-anak, seperti lebih banyak menghabiskan waktu menatap layar televisi, komputer dan gadget. Untuk mencegah mata minus, sebetulnya sudah harus dilakukan sejak dini. 

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mencegah mata minus:
 
1. Hindari kebiasaan membaca dan menonton tv dari jarak yang cukup dekat karena bisa menyebabkan kornea mata rusak sehingga mata menjadi minus.

2. Jangan pernah membiasakan mata untuk membaca atau bekerja di dalam ruangan dengan cahaya yang kurang, karena bisa membuat mata akan bekerja lebih dalam melihat suatu objek.

3. Bila sedang berada di lingkungan terbuka, terutama ketika sedang berkendara, di mana matahari masih terik, maka pakailah kacamata yang bisa melindungi mata dari cahaya matahari.

4. Ketika sedang melakukan pekerjaan apapun yang mengharuskan untuk berhadapan dengan komputer, ada baiknya duduk dengan tegak dan berikan jarak yang tepat antara mata dengan layar.

5. Jangan menulis dengan jarak yang dekat karena bisa merusak kemampuan jarak pandang normal mata anda. Selain itu, hal ini juga dapat melatih tubuh untuk berdiri dengan tegak.

6. Pesan untuk orang tua, biasakanlah anak-anak Anda lebih banyak bermain di luar ketimbang bermain dengan layar komputer atau gadget karena cahaya pada layar tersebut akan membuat mata anak menjadi makin cembung dan bermasalah ketika melihat.

7. Berikan mata Anda waktu untuk beristirahat dari aktivitas melihat layar layar yang memancarkan cahaya, seperti komputer atau gadget. Gantikan dengan melihat kondisi sekitar seperti taman.

8. Konsumsi makanan atau minuman seperti ikan, telur, sayuran hijau, buah-buahan, gandum dan kacang-kacangan. Pasalnya, kandungan omega 3, vitamin serta nutrisi di dalamnya bisa membantu mengatasi mata minus.

9. Rutinlah memeriksakan mata agar Anda mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mata Anda. Jika mengalami masalah pada mata, maka Anda bisa segera mendapatkan pengobatan.

10. Berhenti merokok. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa rokok bisa menyebabkan gangguan pada mata. Saat Anda merokok, asap rokok tersebut bisa mengalir di aliran darah dan bisa menghancurkan sel-sel mata. Karena itu merokok bisa meningkatkan risiko terkena gangguan mata seperti mata minus hingga mata katarak.

Nah itulah 10 hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mencegah mata minus. Jika Anda melakukan hal tersebut dengan benar dan teratur, maka kesehatan mata bisa terjaga dan pandangan Anda bisa tetap tajam serta fokus.

Biasakan mata Anda untuk bisa melihat hal-hal yang indah dilihat dan jauhkan mata dari layar-layar yang memancarkan sinar yang bisa merusak mata. Ada baiknya, istirahatkan mata setiap beberapa menit saat sedang melihat layar komputer atau gadget. Hal terpenting lainnya untuk mencegah mata minus yaitu menghindari pemakaian gadget sambil berbaring. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Okeara.blogspot.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus