Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Sekda Natuna Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Kota Sehat dan Bersih

Kamis, 11 Januari 2018

Sekda Natuna memimpin rapat di Kantor Bupati Natuna Ranai. (Foto: Humas)

NATUNA-Program Natuna Bersih merupakan salah satu rancangan kegiatan positif dalam upaya mewujudkan lingkungan daerah yang lebih baik serta memberikan dampak positif bagi peningkatan kesehatan masyarakat. 

Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, dibutuhkan komitmen berbagai pihak dalam bentuk dukungan konkrit, diantaranya melalui program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Natuna terkait.

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi mengatakan, rapat ini membahas dan mengevaluasi 15 program kerja (rencana kegiatan) yang disinergikan dengan program kerja  dari beberapa OPD terkait.

"Ini sebagai dukungan pembangunan sarana dan prasarana, seperti Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dan Dinas Lingkungan Hidup,"kata Wan Siswandi dalam rilis yang diterima FokusRiau.Com, Kamis (11/1/2018).

Sekda menyampaikan, bahwa Kabupaten Natuna masih terdapat beberapa lokasi yang masih belum tertata dengan baik, hal tersebut harus melibatkan pemberdayaan masyarakat. 

"Oleh karenanya koordinasi yang baik antara organisasi pemerintahan dengan masyarakat, diantaranya melalui pemerintahan kecamatan dan kelurahan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan kebijakan melalui Sekretaris Daerah maupun FKS," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan perlu adanya kerjasama yang baik antara dinas terkait dengan FKS. Ada beberapa hal penting yang harus dilaksanakan, yaitu pembersihan bahu jalan utama Kota Ranai.

"Karena jalan tersebut merupakan jalan yang sering dilewati, terutama pada penyelenggaraan acara penting. Harus ditetapkan penerbitan kebijakan terhadap beberapa titik lokasi penjualan ikan yang berada di sisi jalan agar mengambil lokasi tidak terlalu dekat dengan badan jalan karena dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran lalu lintas," ungkapnya.

Ditambahkan untuk kegiatan Kota Sehat, FKS tidak akan mencampuri hal yang menjadi kewenangan OPD terkait. Namun akan berupaya untuk menjadi unsur pendukung bagi tercapainya berbagai program kerja yang ada.

Rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan Kota Bersih Kabupaten Natuna, dilaksanakan di ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, Rabu (10/1). Kegiatan yang dipimpin Sekdakab Natuna ini dihadiri Ketua beserta seluruh anggota Forum Kabupaten Sehat (FKS) dan beberapa pimpinan OPD, Camat dan Lurah. (indra h piliang)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus