Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Inhil

Sekdakab Said Syarifuddin Serahkan Zakat Untuk 400 Mustahiq di Kecamatan Gaung

Rabu, 13 Juni 2018

Sekdakab Said Syarifuddin memberikan zakat kepada warga Gaung. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HILIR-Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil menyerahkan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada 400 orang Mustahiq di tiga desa dan Kelurahan di Kecamatan Gaung, Selasa (12/6/2018).

Desa dan Kelurahan tersebut adalah Desa Simpang Gaung, Desa Lahang Hulu dan Kelurahan Kuala Lahang. Rincian jumlah mustahiq di masing-masing Desa dan Kelurahan tersebut ialah, 100 orang Desa Simpang Gaung, 100 orang Desa Lahang Hulu dan 200 orang Kelurahan Kuala Lahang.

Menurut Sekda, zakat yang dibagikan kepada para mustahiq terdiri dari dua jenis, yakni zakat konsumtif dan zakat produktif. Ada 400 paket zakat yang diserahkan di tiga desa dan kelurahan merupakan zakat konsumtif berupa uang.

"Masing-masing jenis zakat yang diserahkan Baznas Inhil selaku Muzakki memiliki kuota sebesar 30 persen konsumtif dan 70 persen produktif dari total zakat yang tersedia," kata Said Syarifuddin menjelaskan usai penyerahan di Masjid Raya Baiturrahman.

Diharapkan, zakat yang diterima mustahiq dapat memberikan manfaat, terutama dalam momen menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah.

Ketua Baznas Inhil Yunus Hasby mengatakan, total nilai zakat konsumtif dengan kuota 30 persen yang diterima 400 mustahiq di Kecamatan Gaung dari Baznas Inhil bernilai sekitar Rp130 juta. "Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yamg telah mengantarkan kami untuk jumpa langsung dan mendistribusikan zakat ini. Pendistribusian zakat ini merupakan suatu keharusan bagi kami kepada Mustahiq kami," tukasnya.

Sementara itu, salah seorang mustahiq warga Gaung mengaku sangat terbantu dengan pendistribusian zakat oleh Baznas Inhil. Dia berharap dapat menerima zakat dari Baznas Inhil secara berkesinambungan. Terlebih, baru tahun ini dirinya menerima zakat selaku mustahiq.

"Alhamdulillah, senang. Ya untuk makan, untuk belanja, beli beras dan kebutuhan lainnya. Ini baru kali pertama Saya menerima zakat. Mudah-mudahan bisa berlanjut dan dapat menerima zakat lagi," tukasnya. (adv/diskominfo)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus