Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Sekdakab Yulian Norwis Tutup MTQ XI Meranti, Tebingtinggi Juara Umum

Rabu, 24 Juli 2019

Sekdakab Yulian Norwis menyerahkan piala bergilir kepada Camat Helfandi. (Foto:Istimewa)

MERANTI-Sekdakab Yulian Norwis, Rabu (24/7/2019) malam secara resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2019. Kecamatan Kecamatan Tebingtinggi sebagai tuan rumah, berhasil meraih gelar juara umum.

Sekdakab yang akrab disapa Icut tersebut didampingi Kakan Kemenag Meranti Darwison, Kajari Budi Raharjo, Danramil Tebingtinggi Irwan, Ketua MKA LAMR Meranti H Ridwan Hasam, Kabag Ops Polres Joni Wardi, para camat, dan beberapa tokoh yang lainnya.

Icut mengucapkan selamat kepada pemenang. Dia juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti. Icut berpesan kepada seluruh qari dan qariah untuk terus meningkatkan latihan, agar ke depan bisa meraih penghargaan terbaik pada ajang-ajang yang lainnya.

Sekdakab tak lupa mengucapkan terimakasih kepada dewan dan majelis hakim yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama MTQ dilaksanakan.

Berbeda dengan hasil pada MTQ X tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di Semukut, Pulau Merbau tak mampu mempertahankan gelar juara umum. Kini, tuan rumah Tebingtinggi merebut posisi juara umum setelah meraih 74 poin hasil penilaian dewan juri. Sedangkan qari terbaik dinobatkan kepada Hasbullah, utusan Pulau Merbau.

Atas keberhasilan sebagai juara umum, Camat Tebingtinggi Helfandi MSI SE MSI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Menurut Helfandi, keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras baik dari pihak kecamatan, desa dan kelurahan, LPTQ maupun pihak-pihak yang tak dapat disebutkan satu persatu.

Bagaimana tidak, diceritakan Helfandi, MTQ tahun 2018, Tebingtitinggi berada pada posisi ke 7 dari 9 kecamatan. Namun, tahun 2019, target juara umum berhasil diraih.

"Juara umum ini merupakan target kita dari awal. Pada MTQ ke-X di Pulau Merbau, kita jauh terjun bebas pada posisi 7, dan hasil hari ini, sudah barang tentu semuanya kerja keras dari peserta dan team work Kecamatan Tebintinggi dan termasuk doa masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan bersama helat ini, sukses pelaksanaan sukses prestasi," ujar Helfandi.

Kecamatan peraih poin tertinggi sampai terendah pada MTQ XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti adalah Tebing Tinggi 74 poin (juara umum), Tebingtinggi Timur 43 poin, Tebingtinggi Barat 35 poin, Rangsang 34 poin, Rangsang Barat 33 poin, Pulau Merbau 27 poin, Tasik Putri Puyu 25 poin, Rangsang Pesisir 19 poin, dan Merbau 5 poin. 
 
 
Bupati Irwan MSi didampingi Wabup Said Hasyim memukul beduk tanda dibukanya Pawai Taaruf MTQ ke-XI tingkat kabupaten. (Foto:Istimewa) 
 
Dibuka Wabup Said Hasyim
Sebelumnya, MTQ XI yang berlangsung di Masjid Agung Darul Ulum Jalan Siak diikuti 341 peserta dari 9 kecamatan di Kepulauan Meranti. Beberapa cabang yang diperlombakan adalah Tilawah Quran, Tahfiz dan Tafsir Quran, Khatal Quran, Syahril dan Fahmil serta MMQ.

MTQ dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Said Hasyim, Sabtu (20/7/2019) malam. Pembukaan dihadiri beberapa tokoh, seperti Sekjend Bimas Islam Kemenag RI yang juga putera asli Kota Sagu H Tarmizi Tohor, Kabiro Kesra Sekdaprov Riau yang sebelumnya pernah menjabat Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Masrul Kasmi.

Ada juga Ketua DPRD H Fauzi Hasan SE, Sekda Yulian Norwis SE MM, Kapolres AKBP La Ode Proyek SH, Ketua LAM H Muzamil, Kajari Budi Rahardjo SH MH, Kepala Kantor Kementrian Agama Kep. Meranti H. Darwison, Ketua Komisi Penyiaran Provinsi Riau H Falzan Surahman, Asisten III H Rosdaner, Asisten I Syamsuddin SH MH, para camat se Kepulauan Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH dan tokoh agama, adat, masyarakat, lainnya.

Untuk memeriahkan malam pembukaan, panitia pelaksana mendatangkan Qari Indrs Gunawan. Laki-laki asal Rohul itu pernah menjuarai tilawah dewasa tingkat dunia yang dilaksanakan di Kuala Lumpur tahun 2005 silam.

Sebelum pembukaan, Sabtu pagi itu dilaksanakan pawai taaruf. Pawai dalam rangka mempererat silaturrahmi itu dibuka resmi oleh orang nomor satu di Kepulauan Meranti, Bupati Drs H Irwan MSi. Kepada seluruh khafilah, Irwan berpesan agar senantiasa menjaga diri selama berada di Selatpanjang. Ia meminta seluruh qari dan qariah dijaga sebaik mungkin. "Jaga kondusifitas. Fokus pada pertandingan, tampilkan yang terbaik saat bertanding," pesan Irwan saat itu.

Keinginan lain, kata Irwan, MTQ bukan hanya sebatas seni membaca Al-Quran saat bertanding saja. Namun, harus dijadikan sebagai ajang membina generasi muda untuk lebih mencinta dan menerapkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca Al-Quran, harus pula ditingkatkan setiap harinya. Baik di rumah, sekolah, dan tempat ibadah. Orang tua diminta senantiasa mendorong anak-anak supaya lebih cinta Al-Quran. Dengan begitu, tambah Irwan, Al-Quran dapat dibumikan hingga ke pelosok negeri dan menjadikan Kepulauan Meranti negeri yang Baldatun, Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur.

Diakui Irwan, Pemkab Kepulauan Meranti pun akan terus mendorong masyarakat untuk mempelajari dan mencintai Al-Quran selain dengan menggelar MTQ juga memberikan insentif khusus bagi para guru agama. "Dengan membumikan Al-Quran, sama-sama kita doakan semoga Meranti menjadi negeri madani sebagaimana visi dan misi kabupaten," ujar Irwan.

Selama perhelatan, roda perekonomian meningkat sekitar pun berputar. Sebab, tak jauh dari lokasi MTQ, ada beberapa stand didirikan dan digunakan pedagang untuk berjualan. Mulai dari pernak pernik MTQ, hingga kebutuhan sandang.(advertorial)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus