Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Selain Berfungsi Sebagai Terapi Jiwa, Inilah Sejumlah Manfaat Memancing!

Minggu, 22 Oktober 2017

Walau dianggap membosankan, banyak manfaat ppositif memancing.(Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Mendengar kata memancing, baik di kolam, sungai ataupun laut, sebagian orang mungkin beranggapan itu adalah kegiatan yang membosankan. Namun tak sedikit pula yang menjadikan memancing sebagai hobi dan rela menunggu hingga berjam-jam menanti kail disambar ikan. 

Meski hasil tangkapan yang didapat tak lebih banyak atau tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, pemilik hobi ini rela mengeluarkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli perlengkapan memancing.

Bagi angler atau pemancing pemula, untuk memiliki satu set peralatan memancing sederhana, reel,joran dan lainnya, sedikitnya membutuhkan anggaran 150 hingga 250 ribu rupiah. Namun bagi seorang angler profesional, untuk menyalurkan hobinya bahkan ada yang rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah. 

Sebagian orang bahkan menyebut memancing sebagai suatu hobi yang aneh. Ternyata, kegiatan yang umumnya dilakukan oleh kaum adam ini juga memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat memancing seperti dilansir dari berbagai sumber:

Pelepas Stres
Menurut para pemilik hobi ini, aktivitas melempar kail, menunggu ikan dan menarik kail merupakan aktivitas pelepas stres. “Hanya dengan melakukan aktivitas yang mengurangi tekanan sudah dapat menciptakan perasaan senang,” tutur CEO Recretional Boating and Fishing Foundation, Frank Petterson seperti dilansir dari Huffington Post.

Menjaga Kebugaran Fisik
Selain di kolam pemancingan, tempat-tempat memancing lain pada umumnya memerlukan tenaga ekstra. Misalnya dengan mendayung kayuh sampan, bersepeda, mendaki bukit, atau berjalan kaki yang merupakan aktivitas kardiovaskular.

Menyenangkan
Memancing merupakan hobi yang menyenangkan. Dengan memancing seseorang mendapatkan pengalaman menarik serta sensasi tersendiri ketika berhasil mendapatkan tangkapan dengan alat pancingnya. Lokasi-lokasi memancing juga menjadi ajang liburan dan wisata bagi keluarga.

Melatih Kesabaran
Kegiatan memancing memang dikenal untuk melatih kesabaran dalam usaha mendapatkan sesuatu. Memancing butuh waktu yang tidak sedikit bahkan berjam-jam menunggu umpan disambar ikan dan berkali-kali pula melempar kail menunggu ikan yang memakan umpan. Memang sangat tepat jika memancing itu melatih kesabaran.

Meningkatkan Kemampuan Berkonsentrasi
Setelah melempar kail, perhatian anda harus fokus pada pancing. Jika lengah, anda akan kehilangan momen sewaktu target menyambar kail anda sehingga ikan akan lepas. Oleh karenanya, memancing dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi. Terlebih lagi saat strike dan ikan melakukan perlawanan, butuh konsentrasi tinggi hingga ikan menyerah dan naik ke darat.

Ajang Wisata dan Liburan
Memancing, tentu saja berarti anda akan mengunjungi tempat tempat yang asyik. Pemancing pasti sudah paham tempat mana yang paling nyaman. Selain ikan yang banyak, tentu saja dipilih lokasi yang sangat cocok untuk istirahat dan menikmati keindahan alam.

Memperluas Pergaulan
Hobi memancing juga mendatangkan banyak teman dan kenalan serta memperluas pergaulan. Para angler memiliki komunitas untuk saling bertukar pikiran terkait hobi yang digeluti. Tak jarang dari hobi tersebut tercipta hubungan bisnis.

Terapi Kejiwaan
Rumah Sakit Jiwa Greater Glasgow dan Rumah Sakit Jiwa Clyde di Skotlandia menjadikan memancing sebagai sebuah terapi untuk meningkatkan kesehatan jiwa para pasiennya. David Potter, staf di Leverndale Mental Health Hospital dan Mark Aitchison serta John Kelly dari Dykebar Mental Health Hospital mencetuskan ide terapi tersebut.

Menjauhkan Dari Hal Negatif
Jika anda merasa memiliki banyak waktu kosong, jangan berpikiran untuk melakukan hal buruk. Cobalah untuk memanfatkan dengan kegiatan ringan namun juga bermanfaat. Salah satunya adalah dengan memancing. Kegiatan ini selain ringan namun juga menyenangkan. Cukup baik menjadi solusi untuk menghindarkan anda melakukan hal buruk.

Akhir pekan biasanya pilihan waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi memancing. Nah, bagi anda yang selama ini menganggap aneh hobi memancing, tak ada salahnya untuk mencoba hobi ini. Sebagai pemula, anda tak perlu modal besar untuk membeli peralatan mahal, hanya perlu merogoh saku untuk beberapa ratus ribu saja.(andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus