Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Kuansing

Sempena HUT Kuansing ke 18, Dinas P2KBP3A Beberkan Keberhasilan Program BPMPKB

Kamis, 12 Oktober 2017

Bupati menyalami Ketua DPRD di acara HUT Kuansing. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

KUANSING-Sempena HUT Kabupaten Kuantan Singingi ke 18, Kepala Dinas P2KBP3A Kuansing H Irwandi SSos MM melalui Sekretarisnya Drs Yasriadi menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi sekaligus membeberkan program kerja dan capaian BPMPKB Kuansing pada masa pemerintahan Mursini-Halim kepada fokusriau.com, Rabu (12/10/2017) di Teluk Kuantan.
 
Dinas P2KBP3A Kuansing sejauh ini telah melaksanakan beberapa program, di antaranya Pembentukan Kampung KB. Di mana sebanyak 14 desa ditunjuk melalui SK Bupati H Mursini yang telah melaksanakan tahapan pelatihan tentang kampung KB tersebut, termasuk soal Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluaraga (UP2K) yang identik dengan PKK.

Dikatakan, yang dimaksud dengan UP2K adalah segala kegiatan ekonomi yang diusahakan keluarga, baik perorangan maupun kelompok dan modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, bantuan luar negeri, swasta serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat. Kegiatan ini bermaksud untuk memperkuat kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuh-kembangkan usaha ekonomi, untuk meningkatkan pendapatan keluarga.
 
 
Sekretaris Dinas P2KBP3A Kuansing Drs Yasriadi. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Tujuan khusus UP2K, pertama meningkatkan pemahaman TP PKK dan Kader UP2K PKK tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga. Kedua meningkatkan kemampuan dan kualitas kerja TP PKK dan kader dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi keluarga  yang dilakukannya. Ketiga meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan TP PKK dan kader untuk membina kelompok usaha ekonomi keluarga. Terakhir, menumbuhkan kelompok usaha ekonomi masyarakat dan atau pra koperasi dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat.
 
Sementara itu, prinsip pengelolaan UP2K harus keterbukaan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan usaha. Tertib administrasi dalam pengelolaan usaha, pendayagunaan potensi dan teknologi lokal, kemudian pembinaan berkala triwulanan oleh TP PKK desa/kelurahan dan pembuatan laporan secara berkala per triwulan.

Usaha yang bisa dikelola UP2K usaha ekonomi keluarga merupakan usaha yang dikelola perorangan atau kelompok yang memiliki usaha. "Dimana prinsip pengelolaan usaha yang dikelola kelompok," kata Yasriadi.
 
Ditambahkan, untuk program Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) bertujuan untuk melakukan pelayanan bagi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dan berupaya memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan perempuan dan anak dalam rangka terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender.

Pengelola P2TP2A berasal dari unsur masyarakat, pemerintah, LSM perempuan, pusat studi wanita, perguruan tinggi dan organisasi perempuan serta berbagai pihak lainnya yang peduli dengan pemberdayaan perempuan dan anak, dengan fasilitator Badan Pemberdayaan Masyarakat di setiap provinsi seluruh Indonesia. "Semua program tersebut terintegrasi kepada Kampung KB di mana hal tersebut sudah menjadi intruksi bupati pada April lalu. Tentu program tersebut akan dilaksanakan terus dan membutuhkan dukungan segala pihak agar capaiannya lebih sempurna," harap Yasriadi.
 
 
Kabid KB Denda Maryon, Kasi Ketahanan Kesejahteraan Keluarga Wisda Yati, Kasi Jaminan BerKB Dessi Andriani dan Kasi Pembinaan Kesertaan Ber KB Suhartini. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Di sisi lain, untuk 14 desa di Kuansing yang masuk sebagai Kampung KB adalah Rantau Sialang di Kecamatan Kuantan Mudik, Pulau Rumput di Kecamatan Gunung Toar, Pulau Aro di Kecamatan Kuantan Tengah, Pulau Kalimanting di Kecamatan Benai, Tanjung Kecamatan di Kecamatan Hulu Kuantan, Muara Petai di Kecamatan Pucuk Rantau, Pulau Kumpai di Kecamatan Pangean, Teratak Baru di Kecamatan Kuantan Hilir.
 
Kemudian Pulau Baralo di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Pulau Busuk Jaya di Kecamatan Inuman, Pulau Bayur di Cerenti, Desa Logas Hilir di Kecamatan Singingi, Simpang Raya di Kecamatan Singingi Hilir, Desa Situgal di Kecamatan Logas Tanah Darat dan Desa Pulau Kopuang di Kecamatan Sentajo Raya. (jhon hendri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus