Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Senin Lusa, Hasil Tes Kesehatan Pasangan Calon Pilgubri dan Pilbup Inhil Diumumkan

Sabtu, 13 Januari 2018

Peserta mengikuti tes kesehatan di RSUD Arifin Achmad. (Foto:Riaupos)

PEKANBARU-Tim dokter akan melaporkan hasil tes kesehatan bakal calon Pilgubri dan Pilbup Inhil ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin lusa. Hari ini, pemeriksaan sudah selesai dilaksanakan.

Demikian disampaikan Ketua Tim Dokter Tes Kesehatan Bakal Calon Peserta Pilkada Riau 2018 Syukri Delam, Sabtu sore di Pekanbaru.

Tim terdiri dari kelompok Badan Narkotika Nasional (BNN), Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan melakukan rapat pleno. "Habis pemeriksaan Sabtu, Minggu akan dilakukan rapat pleno internal pada bidang masing-masing," katanya.

Hasil rapat internal akan dibawakan ke tim untuk dirapatkan kembali. "Dalam rapat paripurna bersama gabungan, nanti baru diputuskan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat," imbuhnya.

Hasilnya akan dilaporkan dalam bentuk tertulis ke KPU Riau. Layak atau tidak layak bukan asal diputuskan, melainkan sesuai dengan aturan KPU. "Sehingga independensinya terjamin tidak boleh padang bulu, semua harus mendapat perlakuan yang sama," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Riau Abdul Hamid menyatakan, hasil pemeriksaan itu paling lambat harus diterima pihaknya pada 16 Januari. Dikatakan, laporan kesehatan yang disampaikan tim medis kali ini berbeda dari sebelumnya. Dimana hasilnya sudah final dalam bentuk memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.

"Kalau tidak memenuhi syarat, karena ini merupakan syarat pencalonan. Maka ini bisa diganti sesuai tahapan tenggat waktu yang diberikan KPU," tuturnya.

Dikatakan, RSUD Arifin Achmad sudah menggelar tes kesehatan sejak 12-13 Januari, bagi tujuh pasangan balon peserta Pilkada Riau 2018, yakni empat bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau dan tiga balon bupati dan wakil bupati Inhil. (antara)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus