Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Setelah DCS, Ada Bacaleg Belum Mundur dari Jabatan, Panwascam Segera Melapor ke Bawaslu

Rabu, 29 Agustus 2018

Ketua Panwascam Tualang Harlen Manurung. (Foto:Istimewa)

SIAK-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak sudah mengeluarkan Daftar Calon Sementara (DCS) tanggal 12 Agustus lalu. Dengan keluarnya DCS tersebut, setiap bakal calon legislatif (Bacaleg) harus meninggalkan jabatan di instansi yang diembannya sesuai PKPU No. 20 Tahun 2018 Pasal 7 ayat 1 huruf l point 3. 

Sejauh ini, masih ada beberapa Bacaleg yang belum mengajukan surat pengunduran diri dari instansi mereka bekerja. Hal ini disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Tualang Harlen Manurung ST kepada wartawan, akhir pekan lalu di Perawang. 

"Sesuai PKPU No. 20 Tahun 2018 Pasal 7 ayat 1 huruf l point 3. Setiap calon harus mengundurkan diri dari jabatannya. Begitu kepala desa dan stafnya harus mengundurkan diri,” ujar Harlen didampingi Divisi Pencegahan Panwaslu Wan Hadi Saputra.

Dikatakan, setelah DCS diumumkan KPU, Panwascam Tualang menerima laporan warga yang menyebut ada nama yang masih menjabat menjadi kepala dusun, BPD atau Bapelkam. "Kami langsung turun ke lapangan menindaklanjuti laporan warga. Ada empat bacaleg yang belum mengajukan surat pengunduran diri," tuturnya.

Hal ini sangat memprihatinkan. “Kami sebagai pengawas tingkat kecamatan menyikapi temuan ini akan melapor ke Bawaslu Kabupaten Siak dan membuat rekomendasi kepada KPU agar persoalan tersebut diverifikasi kembali sebelum munculnya Daftar Calon Tetap (DCT),” tukasnya.

Dikatakan, pengumuman DCS bertujuan supaya seluruh masyarakat bisa memberi masukan kepada KPU. “Dengan laporan sebagian masyarakat ini, saya akan jadikan sebagai bukti permulaan untuk ditelusuri sebagai sebuah temuan,” janji Harlen. (*)






Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus