Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Siak Kembali Dianugerahi Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Selasa, 14 November 2017

Asisten II Jamaluddin (dua kiri) membuka Bimtek Rencana Aksi Nasional HAM. (Foto:Humas/FokusRiau.Com

SIAK-Penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan sesuatu yang kerap terlupakan dan cendrung disebut sebagai tugas atau kewajiban pemerintah pusat. Padahal, dalam prakteknya pelangaran HAM justru lebih banyak terjadi di daerah dan semestinya ditanggani pemerintah daerah.

Tahun ini, Kabupaten Siak kembali memperoleh penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM. Penghargaan tersebut diberikan untuk ketiga kalinya dan akan diterima Bupati Syamsuar, Desember mendatang. 

Demikian disampaikan Asisten Bidang Admintrasi Umum Setdakab Siak H Jamaluddin pada bimbingan teknis Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia 2017 yang berlangsung di ruang pertemuan Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Senin (13/11/2017).

Ditambahkan, keberhasilan Siak sebagai kabupaten peduli HAM merupakan kerja bersama panitia RANHAM. Kedepan, perlu meningkatkan kerja keras agar senantiasa memberikan perhatian dan peduli terhadap hak asasi manusia di Siak. 
 
“Dari Kreteria yang telah ditetapkan, Siak sudah berhasil memenuhinya. Hanya saja, tahun ini panitia penilaian memperluas kreterianya. Sehingga kita meminta pimpian OPD yang masuk dalam kreteria tersebut dapat memberikan data, gara apa yang diminta tim penilai dapat disampaikan sebagai bahan penilaian untuk tahun 2018," urai Jamal.
 
Sementara itu, Kabag Hukum Setdakab Siak Jon Efendi mengungkapkan, penilaian Kabupaten peduli HAM sudah diperoleh sejak tahun 2015 lalu. Bahkan saat itu, Siak satu-satunya kabupaten di Riau yang menerima penghargaan tersebut. 

Perwakilan Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Riau Asnawi mengatakan, hanya beberapa pemerintah daerah saja yang menerapkan penegakan HAM sebagai landasan dalam menjalankan kebijakan daerah, salah satunya Kabupaten Siak.

Menurut Asnawi, penyerahan penghargaan akan dilaksanakan tanggal 10 Desember 2017 di Kota Solo. Menurut rencana, penghargaan akan diberikan serentak kepada pemda se-Indonesia yang berhasil menerapkan HAM dan penghargaan akan diserahkan langsung Presiden Joko Widodo. (adi fadhilahi akbar)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus