Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
LifestyleSistem Rujukan Pasien RSUD Rohul akan Diperbaiki

Senin, 16 September 2013 - 21:02:14 WIB


PASIR PENGARAYAN-Mulai tahun 2014 mendatang, Dinas Kesehatan Rokan Hulu akan melakukan perbaikan sistim rujukan dari Puskemas ke RSUD Pasir Pangaraian bagi seluruh pasien di Kabupaten Rohul. Dengan demikian, pasien yang menderita penyakit biasa akan dilayani di Puskemas dan tidak harus dirujuk ke RSUD.

“Ini merupakan upaya supaya meminimalisir terjadinya penumpukan pasien di RSUD Pasir Pangaraian. Seperti penyakit batuk, flu, filek, diare termasuk persalinan normal, cukup dilayani di tingkat Puskesmas saja dan tidak harus dirujuk ke RSUD. Bila hal ini terealisasi, maka untuk pasien RSUD akan bisa dikenakan biaya perobatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Rohul, H. Wildan Asfan Hasibuan kepada FokusRiau.Com, Senin (16/9).

Selain meminimalisir terjadinya penumpukan pasien rujukan di RSUD Pasir Pangaraian, menurut Wildan, akan menghemat biaya jasa di RSUD yang sebelumnya lebih besar dibandingkan bila pasien berobat di Puskesmas.
 
“Kalau biasanya penyakit seperti diare, batuk dan penyakit ringan yang seharusnya bisa diselesaikan di Puskesmas selalu dirujuk ke RSUD, maka ke depan untuk jenis penyakit ringan tersebut hanya cukup ditangani Puskesmas saja. Sehingga tidak akan timbul antrian pengunjung RSUD,” papar Wildan.

Ke depan, Pemkab Rohul melalui Dinas Kesehatan juga akan membuat penetapan jenis penyakit apa saja yang tidak harus dirujuk ke RSUD Pasir Pangarayan, sehingga tidak lagi terjadi penumpukan pasien di RSUD, termasuk menghemat biaya jasa pelayanan di RSUD. “Bila memang nantinya bisa ditangani Puskesmas, tentunya tidak perlu dirujuk. Dan kita akan tingkatkan jasa pelayanan di seluruh puskesmas, sehingga pelayanan yang sifatnya bukan penyakit parah cukup ditangani pihak Puskesmas,” tukasnya.
 
RSUD Pasir Pangaraian, menurut Wildan, melayani masyarakat baik menggunakan jasa Jaminan Kesehatan Daerah yang kini dilayani untuk 90 ribu jiwa lebih masyarakat Rohul menggunakan dana APBD Rohul dan APBD Provinsi Riau, termasuk pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat yang menggunakan dana APBN bagi 93 ribu lebih masyarakat Rohul.

Selama ini, pelayanan masyarakat pengguna Jamkesda dan Jamkesmas dilakukan langsung RSUD. Karena itu, ke depan pasien jenis ini akan langsung ditangani Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dilebur dari PT Askes. Selain Jamkesda dan Jamkesmas juga seperti Jamsostek. Selain itu, sebelum sampai 2019 bagi semua warga Indonesia baik itu pensiunan PNS, TNI, Polri, karyawan, sudah diberikan asuransi kesehatan, yang sudah diberlakukan sejak 1 Januri 2013.
 
“Jadi nantinya, seluruh pelayanan kesehatan, baik itu menggunakan Jamkesmas, Jamkesda, Jamsostek, mereka akan ditangani langsung BPJS yang dilebur dari PT Askes. Sehingga kedepannya, pelayanan kesehatan, menjadi prioritas,” kata Wildan. (fri)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus