Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Soal Besaran UMK 2020, Disnaker Pekanbaru Beri Perusahaan Waktu Sanggah

Selasa, 03 Desember 2019

Ilustrasi. (Foto:Tribunews)

PEKANBARU-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Riau memberikan waktu dan kesempatan sanggah bagi perusahaan yang tidak sanggup menerapkan Upah Minimum Kota (UMK) Pekanbaru tahun 2020.

"Waktu sanggah diberikan sebelum diberlakukannya UMK 2020 tertanggal 1 Januari 2020," kata kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru Johnny Sarikoen, Selasa pagi.

Dijelaskan, menjelang diberlakukannya UMK di awal Januari 2020, Disnaker sesuai undang -undang harus melakukan sosialisasi ke perusahaan. "Saat ini kami sudah mulai melakukan sosialisasi ke sejumlah perusahaan swasta," ujarnya.

Sosialisasi sama seperti tahun 2019, Disnaker menerima pengaduan dari pekerja bila memang ada perusahaan yang tidak mematuhi UMK 2020. "Pak wali sudah mengingatkan perusahaan swasta agar mematuhi UMK 2020 sebesar Rp2,9 juta," imbuhnya.

Ditanya jumlah perusahaan yang keberatan, Johnny Sarikoen menyampaikan, sejauh ini pihaknya belum menerima sanggahan atau penolakan. "Posko pengaduan Disnaker terkait UMK 2020 hingga kini belum ada menerima sanggahan atau keberatan terhadap pemberlakuan upah," tukasnya.

Disebut, UMK Pekanbaru tahun 2020 yang sudah ditetapkan sebesar Rp2.997.971, adalah angka kesepakatan antara serikat perwakilan pekerja dengan perwakilan perusahaan. "Sedangkan Dinas Tenaga Kerja fungsinya hanya sebagai penengah atau fasilitator saja," ujarnya. (*)


 

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus