Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Soal Buah Bit Bisa Mencegah Penyakit Kanker, Ternyata Hanya Mitos

Jumat, 02 Agustus 2019

Buah bit. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Buah bit merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan dan berbentuk menyerupai kentang. Biasanya, buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah dengan campuran buah atau sayuran lain. Buah bit memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh. 

Tidak hanya digunakan untuk menurunkan berat badan bagi pelaku diet, tapi buah berwarna merah pekat ini juga dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Sayangnya, hal itu ternyata hanya mitos. 

Meski terdapat antioksidan di dalamnya, buah bit ternyata tak mampu untuk mencegah kanker. "Antioksidan hanya sedikit yang bisa cegah kanker. Apalagi penyebab kanker itu multifaktorial," kata dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, PhD dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat (2/8/2019).

Meski demikian, buah bit ternyata ampuh untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Itu ditengarai adanya banyak serat di dalam buah bit yang membuat kenyang lebih lama. "Sehingga membuat orang tidak mudah konsumsi makanan lainnya yang akhirnya bisa menjaga berat badan," paparnya.

Bahkan, kandungan baik di dalam buah bit bisa menjaga kesehatan darah. Di mana terdapat kandungan asam folat yang baik untuk pengidap anemia. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus