Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Soal Perusahaan Tak Lapor ke Bagian Pertanahan Inhu, Fachrurozi: Wajib Lapor Sekali Enam Bulan

Jumat, 01 Juni 2018

Kepala Bagian Pertanahan Pemkab Inhu Fachrurozi. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Kepala Bagian Pertanahan Pemkab Inhu Fachrurozi menyebut, selama Bagian Pertanahan terbentuk, belum satupun perusahaan melapor. Padahal, sesuai aturan aktifitas  perusahaan sawit maupun HTI yang beroperasi wajib melapor ke Bagian Pertanahan.

"Saat masih menjadi Bagian Pemerintahan, perusahaan masih melaporkan aktifitasnya. Namun sekarang setelah dipecah menjadi Bagian Pertanahan, malah tidak ada perusahaan yang melaporkan perkembangan aktifitas mereka," kata Fachrurozi kepada FokusRiau.com, kemarin.

Untuk itu, pihaknya mengimbau seluruh perusahaan perkebunan dan HTI meski izinnya berasal dari pemerintah pusat, namun tetap wajib melaporkan aktifitasnya kepada pemkab. "Apalagi saat ini sedang gencar menjadi sorotan soal kasus kawasan hutan, maka itu setiap aktifitas perusahaan wajib dilaporkan setiap enam bulan sekali," ujarnya.

Selain melaporkan aktivitas, dirinya juga minta perusahaan yang memiliki permohonan pelepasan izin maupun izin pelepasan kawasan hutan dari pemerintah pusat supaya dilaporkan ke Bagian Pertahanan Inhu agar aktifitas perusahaan secara administrasi dapat diketahui.

Soal sanksi terhadap perusahaan yang tidak melapor setiap enam bulan, Fachrurozi menyatakan, secara aturan sanksi tersebut ada. (*)


Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus