Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Soal Sudah Dikirim, Riau Siap Gelar Ujian Nasional SD/MI

Jumat, 03 Mei 2013


PEKANBARU-Distribusi naskah soal ujian nasional tingkat SD/MI, Kamis (2/5) mulai berlangsung. Untuk tahap awal, panitia penyelenggara sudah mendistribusikan naskah soal ke daerah-daerah yang sulit dijangkau atau remote area dan membutuhkan waktu lama.

"Naskah ujian tingkat SD/MI sudah didistribusikan untuk daerah remote area," kata Kepala Dinas Pendidikan Riau, HM Wardan, kemarin. Menurutnya, percetakkan juga telah melapor kalau tugas mereka sudah diselesaikan. Wardan mengaku sudah turun langsung melihat proses pencetakkan naskah. Dari pantauan tersebut, dia memastikan kualitas naskah dan lembar jawaban cukup bagus.

Dia juga yakin, proses pendistribusian naskah ujian akan tepat waktu. Dari sisi persiapan administrasi, kata Wardan, juga tak ada masalah. Tinggal pelaksanaan di sekolah penyelenggara. Seluruh peserta diminta bersikap jujur dan yakin dengan kemampuan diri sendiri. "Jangan goyah dan percaya dengan isu kunci jawaban," pesan Wardan.

Menurutnya, isu kunci jawaban adalah informasi yang disebarkan orang tak bertanggungjawab. Dengan belajar yang baik, siswa sebenarnya bisa mengerjakan soal-soal ujian. Apalagi tingkat kesulitan soal juga sudah diperhitungkan dengan analisa akurat dari tim penyusun soal.

Dinas Pendidikan mencatat, tahun ini terdapat 118.602 siswa yang akan mengikuti ujian nasional tingkat SD/MI. Seperti tahun sebelumnya, peserta terbanyak tetap di Pekanbaru dengan 16.808 orang, kemudian Kabupaten Kampar dengan 14.819 orang, Indragiri Hilir 14.013 orang, Rokan Hilir 13.281 orang dan Bengkalis 11.596 orang.

Berikutnya, peserta ujian dari Rokan Hulu sebanyak 10.417 orang, Siak sebanyak 8.960 orang, Indragiri Hulu 8.026 orang, Kuantan Singingi sebanyak 5.885 orang, Pelalawan 5.881 orang, Kota Dumai sebanyak 5.133 orang dan Kepulauan Meranti sebanyak 3.783 orang peserta.

Untuk Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket A, naskah ujian juga sudah sampai. Proses pendistribusiannya akan disamakan dengan naskah UN SD/MI. Menurutnya, tahun ini, jumlah peserta UNPK Paket A di Riau mencapai 628 orang. (trp/bsh)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus